Pria yang Lama Menganggur Akan Lebih Cepat Tua

9

Penelitian yang dilakukan di Inggris dan Finlandia menyatakan bahwa pria yang terlalu lama menganggur akan lebih cepat tua dibanding mereka yang aktif bekerja. Disebutkan bahwa pria muda yang menganggur lebih dari 500 hari akan mengalami pemendekan telomere. Telomere adalah bagian dari kromosom yang berhubungan dengan umur dan kesehatan. Semakin pendek telomere maka resiko terhadap penyakit kardiovaskular, infeksi, gangguan […]

Berita  - Pria yang Lama Menganggur Akan Lebih Cepat TuaPenelitian yang dilakukan di Inggris dan Finlandia menyatakan bahwa pria yang terlalu lama menganggur akan lebih cepat tua dibanding mereka yang aktif bekerja. Disebutkan bahwa pria muda yang menganggur lebih dari 500 hari akan mengalami pemendekan telomere.

Telomere adalah bagian dari kromosom yang berhubungan dengan umur dan kesehatan. Semakin pendek telomere maka resiko terhadap penyakit kardiovaskular, infeksi, gangguan psikologis seperti depresi dan tingkat kematian semakin tinggi, seperti dilansir dari nbcnews.

“Stres yang terjadi pada pria yang menganggur akan menyebabkan telomere mereka lebih pendek,” jelas Katherine Theallm seorang profesor dari Tulane University’s Department of Global Community Health and Behavioral Sciences.

Jadi, aktif bekerja bukan hanya baik bagi kehidupan, tapi juga baik bagi kesehatan.