Profil Radja Nainggolan Yang Tengah Diincar Manchester United

Radja Nainggolan, lahir 4 Mei 1988, adalah pemain sepakbola asal Belgia yang bermain untuk klub Italia AS Roma dan tim […]

Profil Radja Nainggolan Yang Tengah Diincar Manchester United

Radja Nainggolan, lahir 4 Mei 1988, adalah pemain sepakbola asal Belgia yang bermain untuk klub Italia AS Roma dan tim nasional Belgia dalam posisi sebagai gelandang.

Dia menghabiskan sebagian besar karir profesionalnya di Italia, sudah pernah mewakili Piacenza, Cagliari dan kini Roma.

Nainggolan lahir di Antwerp, Belgia, sebagai anak dari Lizy Bogaerts, wanita Belgia yang membesarkannya bersama dengan tiga saudara laki-laki tirinya dan saudara kembar perempuannya, Riana.

Marianus Nainggolan, orang Indonesia keturunan Batak –menurut keterangan Wikipedia– meninggalkan mereka semua tanpa harta benda ketika Radja masih seorang kecil. Radja dibesarkan secara Katolik Roma dan mampu berbicara dalam bahasa Belanda, Inggris dan Italia secara lancar, serta memahami sedikit bahasa Perancis.

Saudara kembar Radja itu, Riana, bermain di divisi teratas sepakbola wanita Belgia dan Bene Liga sebelum pindah ke Italia untuk bermain di Serie A (juga untuk AS Roma, sama seperti Radja).

Ibu Nainggolan meninggal pada tahun 2010, dan setelah kematiannya ia membuat tato dua sayap besar di punggungnya dengan tanggal kelahirannya dan kematiannya.

Nainggolan tiba di Piacenza Calcio pada akhir tahun 2005 pada usia 17 tahun dari klub lokal Germinal Beerschot. Selagi masih junior ia berhasil tampil dalam dua pertandingan Serie B untuk klubnya selama dua musim yang terpisah.

Nainggolan memainkan 38 pertandingan dalam musim 2008-09 untuk tim Emilia-Romagna, mencetak tiga gol untuk finish di 10 pencetak go teratas. Pada tanggal 27 Januari 2010 ia dipinjamkan ke Cagliari Calcio di Serie A, dengan Sardinia memiliki opsi untuk membeli pemain permanen di akhir musim. Dia membuat debut liga pada tanggal 7 Februari, bermain tujuh menit di kekalahan tandang 0 -3 melawan Inter Milan.

Pada 21 Juni 2010, Cagliari mengakuisisi Nainggolan secara permanen. Pada awal Oktober 2013, setelah tiga musim sebagai pilihan pertama, ia memperbaharui kontraknya hingga 2016. [12]

Namun, pada tanggal 7 Januari tahun berikutnya, Nainggolan dipinjamkan ke sesama tim liga, AS Roma, sampai akhir musim untuk biaya sebesar Rp 45 Milyar, dengan opsi untuk membuat kesepakatan permanen pada musim panas berikutnya sebesar untuk Rp 90 Milyar.

Nainggolan melakukan debut untuk klub barunya pada tanggal 9 Januari 2014, mulai dengan sebuah kemenangan kandang 1-0 atas Sampdoria untuk Coppa Italia.  Dalam kompetisi yang sama, ia juga membantu menyingkirkan Juventus FC saat bermain selama 90 menit penuh 12 hari kemudian.

Pada 22 Februari 2014 Nainggolan mencetak gol pertamanya untuk sisi Roma, meraih kemenangan melawan Bologna 1-0. Gol keduanya, yang terjadi pada tanggal 19 April melawan ACF Fiorentina (skor yang sama) memastikan kualifikasi otomatis timnya ke UEFA Liga Champions.

Nainggolan menandatangani kesepakatan permanen dengan Roma di musim panas 2014.

Profil Radja Nainggolan Yang Tengah Diincar Manchester United

Radja Nainggolan
Tanggal Lahir: 4 Mei 1988 (Usia 26)
Tempat Lahir: Antwerpen
Kebangsaan: Belgia
Tinggi: 175 cm
Berat: 65 Kg
Posisi: Gelandang
Nomor Punggung: 23
Tim Nasional: Belgia

Sepakbola.cc