Atletico Madrid Ulangi Tragedi Porto, Leverkusen, dan Ajax?

  Keberhasilan Atletico Madrid merebut juara La Liga dari tangan Barcelona dan Real Madrid sebenarnya hanya akan memunculkan banyak kesialan daripada kebahagiaan. Kalau pun menang di final Champions, Sabtu 24 Mei, musim depan Atleti diramal gagal mengulangi suksesnya. Mengapa? Karena Atletico Madrid akan mengalami tragedi yang sudah pernah dialami oleh Ajax, Porto, dan Bayer Leverkusen. Inilah nasib klub serba nanggung. Tidak […]

 

Liga Champions Liga Spanyol  - Atletico Madrid Ulangi Tragedi Porto, Leverkusen, dan Ajax?

Keberhasilan Atletico Madrid merebut juara La Liga dari tangan Barcelona dan Real Madrid sebenarnya hanya akan memunculkan banyak kesialan daripada kebahagiaan. Kalau pun menang di final Champions, Sabtu 24 Mei, musim depan Atleti diramal gagal mengulangi suksesnya. Mengapa?

Karena Atletico Madrid akan mengalami tragedi yang sudah pernah dialami oleh Ajax, Porto, dan Bayer Leverkusen. Inilah nasib klub serba nanggung. Tidak cukup kaya untuk memberi gaji besar, sementara klub-klub raksasa di luar sana merayu para pemain dengan gaji berlipat, serta fee transfer yang akan diterima klub asal. Pemilik klub jelas akan memilih melego pemain-pemain incaran itu daripada makan hati mempertahankan mereka dengan kas klub yang kosong melompong.

Itulah juga yang terjadi di era 1990-an dengan klub Ajax Amsterdam ketika mereka menjuarai liga Belanda tiga tahun berturut-turut di bawah asuhan pelatih Louis van Gaal. AC Milan merampas Patrick Kluivert; Inter Milan mengambil Nwankwo Kanu; Juventus menyasar Edgar Davids; Real Madrid memilih Clarence Seedorf; Arsenal Marc Overmars. Sementara yang paling banyak mengambil keuntungan dari operasi bedah atas Ajax adalah Barcelona:  Michael Reiziger, Winston Borgarde, dua saudara Frank and Ronald De Boer.

Juga Bayer Leverkusen ketika menjajah Eropa di tahun 2002. Dengan segera pemain kunci mereka Lusio, Michael Ballack, and Ze Roberto dibajak tim-tim lain.

Terakhir, nasib serupa menimpa Porto ketika berhasil merebut juara Champion di bawah asuhan Jose Mourinho tahun 2004. Para pemain seperti Deco, Ricardo Carvalho, Nuno Valente, Pedro Mendes, Paolo Ferreira and Benni McCarthy dipereteli dari daftar skuad.

Itulah nasib klub kelas menengah. Ketika menggapai sukses, mereka menjumpai nasib dipaksa melepas pemain-pemainnya karena kalah menggiurkan dibandingkan klub-klub raksasa.

Siapa saja pemain-pemain Atleti yang diincar? Diego Costa, meski sedang cedera, sudah diincar oleh Chelsea dan Arsenal. Pemain lain yang diprediksi akan pindah ke klub lain adalah pemain tengah Koke, yang mampu bermain dari daerah pertahanan sampai ke penalti lawan, selain menjadi penyuplai assist. Tiga pemain lain yang diperkirakan akan pergi adalah João Miranda, Juanfran, dan Filipe Luís.

Sepakbola.cc