Barcelona Harus Siap Tak Bisa Bermain di Spanyol Lagi

  Seberapa kuat pengaruh politik terhadap dunia sepakbola? Bukan hanya terhadap dunia sepakbola secara keseluruhan, terhadap satu klub raksasa pun pengaruh politik bisa sangat mengancam. Seperti saat ini ketika Barcelona harus siap tak bisa bermain di Spanyol lagi. Ya, Barcelona memang terancam tak bisa main lagi di Liga Spanyol jika Katalunya memilih untuk merdeka dari […]

Liga Spanyol  - Barcelona Harus Siap Tak Bisa Bermain di Spanyol Lagi

 

Seberapa kuat pengaruh politik terhadap dunia sepakbola? Bukan hanya terhadap dunia sepakbola secara keseluruhan, terhadap satu klub raksasa pun pengaruh politik bisa sangat mengancam. Seperti saat ini ketika Barcelona harus siap tak bisa bermain di Spanyol lagi.

Ya, Barcelona memang terancam tak bisa main lagi di Liga Spanyol jika Katalunya memilih untuk merdeka dari Spanyol. Hal ini ikut ditegaskan oleh Presiden Liga Spanyol (LFP), Javier Tebas, ketika dirinya ditanyakan terkait rencana referendum Katalunya pada 9 November nanti.

Tebas dengan serius menegaskan, Spanyol harus cepat mengubah undang-undang olahraga mereka jika ingin Barcelona tetap main di Liga Spanyol. Dijelaskan jika undang-undang olahraga Spanyol hanya membolehkan satu klub non Spanyol yaitu Andorra yang bisa main di Liga Spanyol.

Liga Spanyol bakal kehilangan pamornya jika Barcelona tak diizinkan main. Tebas pun memahami efek kompetisi bakal sangat buruk jika Barcelona lepas dari Liga Spanyol.

“Jika Katalunya merdeka, mengacu kepada undang-undang olahraga yang ada, Barcelona pun tak diizinkan untuk main,” ujarnya sesuai rilis Daily Mail.

“Harus ada perubahan di undang-undang lewat parlemen Spanyol. Jelas, jika ini terjadi akan merusak sepak bola Spanyol karena kehilangan Barcelona. Saya tak bisa membayangkan Liga Spanyol tanpa Barca. Sama seperti membayangkan jika Katalunya tanpa Spanyol. Lalu Liga Spanyol disebut apa lagi? Liga Iberia?” pungkasnya dengan penuh tanya.

Sepakbola.cc