Barcelona dan Real Madrid Paling Boros Soal Gaji Pemain

Berita Bola, Liga Spanyol – Barcelona dan Real Madrid ternyata yang paling boros soal gaji pemain. Patut untuk disimak.

El Clasico Barcelona vs Real Madrid

Berita Bola, Liga Spanyol – Barcelona dan Real Madrid ternyata yang paling boros soal gaji pemain. Patut untuk disimak.

UEFA merilis laporan keuangan klub-klub Eropa perihal besaran anggaran transfer pemain dan juga gaji para punggawanya di sepanjang tahun 2015.

Laporan keuangan tahunan klub-klub Eropa telah di rilis oleh UEFA, Kamis (12/01) WIB kemarin, dengan beberapa hal yang mampu mengerutkan dahi.

Di laporan tersebut telah disusun 20 klub berdasarkan pengeluaran terbesar, baik dari sisi pembelian pemain maupun pembayaran gaji.

Untuk soal transfer, angka di bawah merupakan jumlah bersih karena telah dikurangi pengeluaran/pembelian dan pemasukan/penjualan.

Pada posisi puncak pembelian pemain baru, tidak mengejutkan jika Manchester United berada di peringkat teratas dengan total Rp 1,414 triliun.

Sementara di peringkat kedua ada Paris Saint-Germain yang menghabiskan Rp 1,1 triliun uang untuk membeli pemain-pemain baru.

Kedatangan Josep Guardiola di Manchester City ternyata membuat The Citizen kian royal, dimana pada tahun sebelumnya berada di peringkat kedelapan, kini ada di posisi ketiga dengan total pengeluaran sebesar Rp 1,047 triliun.

Sedangkan trio Liga Italia, Inter Milan (Rp 849 miliar), AC Milan (Rp 707 miliar) dan Juventus FC (Rp 580 miliar) berhasil masuk ke posisi enam besar.

Di peringkat ketujuh ada FC Barcelona yang sedikit mengirit yang hanya menghabiskan uang sebesar Rp 523 miliar untuk memboyong pemain-pemain baru.

Uniknya, Sunderland AFC yang kini berada di jurang degradasi ternyata ada di posisi ke-12 dengan menghabiskan Rp 382 miliar, lebih banyak dibandingkan Real Madrid yang membayar Rp 367 miliar dan ada di peringkat ke-15.

Sedangkan untuk urusan pembayaran gaji, duo raksasa Spanyol FC Barcelona dan Real Madrid menjadi yang terboros dalam hal pembayaran gaji.

Barca membayar para jagoannya sebesar Rp 4,8 triliun sepanjang 2015 dan angka tersebut merupakan hasil dari kenaikan 37 persen dari tahun sebelumnya.

Bukan hanya itu, besaran gaji itu memakan 61 persen pemasukan klub dan 5,5 kali lipat lebih besar dibandingkan klub-klub Liga Spanyol lainnya.

Jika ditilik dari ucapan Oscar Grau seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, maka wajar jika Barca berhati-hati dalam memberikan kontrak baru kepada Lionel Messi.

Sedangkan sang rival Real Madrid ada di posis kedua dengan total gaji Rp 4 triliun, dimana angka tersebut hanya mengalami kenaikan tujuh persen dari tahun sebelumnya.

Trio klub Inggris, Chelsea FC (Rp 4,019 triliun), Manchester City (Rp 3,9 triliun) dan Manchester United (Rp 3,7 triliun) masuk ke lima besar sebagai pembayar gaji terbesar di Eropa.

Sepakbola.cc