Barcelona Sampaikan Sikap Resminya Soal Kemerdekaan Catalonia

32

Meskipun ada ancaman dari presiden La Liga bahwa memisahkan diri dari Spanyol akan menyebabkan mereka ditendang dari La Liga, Barcelona tampak tidak gentar dan telah menandatangani sebuah pakta yang mendukung referendum kemerdekaan Catalonia, ataujuga disebut Catalan. Dengan begitu Barcelona sudah menyampaikan sikap resminya mendukung hak wilayah Catalan untuk memisahkan diri dan menyatakan kemerdekaan dari Spanyol. Ancaman-ancaman keluar dari La […]

Barcelona Sampaikan Sikap Resminya Soal Kemerdekaan Catalonia - berita Liga Spanyol

Meskipun ada ancaman dari presiden La Liga bahwa memisahkan diri dari Spanyol akan menyebabkan mereka ditendang dari La Liga, Barcelona tampak tidak gentar dan telah menandatangani sebuah pakta yang mendukung referendum kemerdekaan Catalonia, ataujuga disebut Catalan.

Dengan begitu Barcelona sudah menyampaikan sikap resminya mendukung hak wilayah Catalan untuk memisahkan diri dan menyatakan kemerdekaan dari Spanyol.

Ancaman-ancaman keluar dari La Liga itu muncul untuk membuat klub Camp Nou enggan menunjukkan dukungannya bagi kampanye kemerdekaan dan mereka sejauh ini sudah dikritik oleh beberapa fans karena menolak untuk berspekulasi tentang “isu sensitif” setelah pertemuan dewan pada hari Senin.

Namun, Barca akhirnya menunjukkan suara mereka menjelang referendum pada tanggal 9 November, yang mungkin saja  menyebabkan pemisahan skala penuh dari Spanyol dalam waktu dekat.

“FC Barcelona telah menandatangani pakta nasional Catalan untuk menentukan nasib sendiri,” kata klub itu dalam sebuah pernyataan di situs web mereka. “FC Barcelona memformalkan keterikatan mereka dalam surat resmi dari presiden Josep Maria Bartomeu kepada  koordinator pakta Joan Rigol.”

“Perjanjian itu menyatukan lebih dari 3.500 organisasi dan asosiasi dari berbagai macam posisi sosial dan politik yang mendukung hak rakyat Catalan untuk menentukan nasib sendiri.”

Bek Barca Gerard Pique berada dalam sorotan selama jeda internasional terbaru karena menunjukkan dukungannya bagi kemerdekaan Catalan.

Jika La Liga sampai mengeluarkan Barca setelah pernyataan kemerdekaan, sesuatu yang bahkan ditentang oleh pemain bintang Real Madrid, liga Prancis Ligue 1 telah disebut-sebut menjadi rumah baru untuk klub Catalan bergengsi itu.

Pada sisi lain, Spanyol dikenal sudah sering sekali menggertak. Termasuk gertakan terhadap UEFA bahwa mereka akan menarik klub-klub mereka dari kompetisi Eropa jika Gibraltar diterima sebagai anggota. Gertakan itu tidak pernah mereka wujudkan ketika akhirnya negara mungil jajahan Inggris di sisi selatan Spanyol itu diterima jadi anggota pada 2013 lalu.

Jadi kemungkinan besar gertakan pengusiran Barcelona juga hanya akan jadi angin lalu saja.

Pada sisi lain gengsi La Liga banyak ditentukan oleh rivalitas Real Madrid melawan Barcelona. Tanpa kehadiran tim Catalan itu, La Liga akan mengalami penurunan gengsi.