Barcelona Tanpa Lionel Messi Lawan Sevilla?

Jika Argentina tampil di play-off Piala Dunia 2018, maka Lionel Messi tak bisa perkuat Barcelona kontra Sevilla 6 November.

Lionel Messi - Angel Di Maria

Pertarungan Barcelona kontra Sevilla di ajang La Liga Spanyol pada November 2017 mendatang kemungkinan tidak diikuti oleh Lionel Messi. Selain Messi, ada enam pemain Argentina yang ada di dua klub itu juga tak bisa tampil. Ada apa?

Ini berkaitan dengan jadwal play-off Piala Dunia 2018. Timnas Argentina yang saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara Zona CONMEBOL harus mengarungi babak play off (dua leg) jika tetap duduk di posisi kelima di klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018.

Berdasarkan aturan, peringkat kelima dari zona CONMEBOL harus menjalani pertandingan play-off melawan juara dari zona Oceania untuk merebut satu tiket ke putaran final Piala Dunia tahun depan. Saat ini juara Oceania adalah Selandia Baru.

Lantas apa hubungannya dengan pertandingan Barcelona melawan Sevilla? Ini berkaitan dengan jadwal. FIFA telah menjadwalkan pertandingan play off leg pertama akan berlangung pada 6 November 2017. Nah, di tanggal yang sama, Barcelona akan melawan Sevilla di ajang La Liga Spanyol.

Berdasarkan aturan, setiap pemain harus mendahulukan tugas negara daripada klub. Maka Lionel Messi dipastikan akan memperkuat Argentina di babak play-off Piala Dunia nanti.

Selain Messi, pemain Barcelona lainnya yang juga absen di laga melawan Valencia adalah Javier Mascherano. Sedangkan di kubu Sevilla ada lima pemain Argentina, yaitu Gabriel Mercado, Ever Banega, Guido Pizarro, Joaquin Correa dan Nico Pareja.

Berita di beberapa media Spanyol minggu ini, termasuk Marca, tidak menyebutkan kemungkinan pertandingan Barcelona vs Sevilla ini ditunda demi memfasilitasi pemanggilan tim nasional Argentina.

Tapi ini baru kemungkinan. Karena belum tentu Argentina akan finish di peringkat kelima zona CONMEBOL. Mereka bisa saja masuk empat besar, tapi juga bisa tergusur dari posisi kelima. Karena masih ada dua pertandingan yang akan mereka lakoni, yaitu melawan Peru dan Ekuador pada bulan Oktober nanti.

Selain Argentina, tim lain yang juga berpeluang finish di posisi kelima adalah Uruguay, Kolombia, Peru, Chile dan Paraguay.

Sepakbola.cc