Duo Barcelona Siap Gusur Top Skor Ronaldo

Setelah bertahun-tahun dikuasai bergantian oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, musim ini mungkin giliran duet Barcelona Neymar dan Luis Suarez menguasai puncak topskor La Liga.

Berita Liga Spanyol : Setelah bertahun-tahun dikuasai bergantian oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, musim ini mungkin giliran duet Barcelona Neymar dan Luis Suarez menguasai puncak topskor La Liga.

Selalu ada yang baru. Bahkan sejak Cristiano Ronaldo pindah ke Real Madrid pada tahun 2009, pemain asal Portugis atau pesaing dari Barcelona Lionel Messi memimpin daftar pencetak gol di Spanyol. Tapi dominasi keduanya di depan gawang bisa berada di bawah ancaman musim ini jika Neymar dan Luis Suarez menjaga bentuk mereka saat ini.

Ronaldo dan Messi masing-masing telah tiga kali memenangkan hadiah Pichichi yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak di La Liga selama enam musim terakhir, dengan dua juga penembak jitu terkemuka di semua kompetisi antara musim 2009-10 dan 2014-15.

Pemain Portugis itu juga telah membuat start yang biasa kuat kali ini dengan 13 gol dalam 14 penampilannya di semua kompetisi sejauh ini di musim 2015-16. Messi, yang telah absen sejak 26 September karena cedera, jauh tertinggal dengan enam gol saja dari sembilan pertandingannya.

Tapi dalam ketiadaan si pemain Argentina itu, Neymar dan Suarez telah mengambil alih dengan gol-golnya. Dua striker asal Amerika Selatan itu sekarang menjaringkan 20 gol dari total 23 gol Barcelona di semua kompetisi – serta ke-16 gol La Liga sejak empat kali pemenang Ballon d’Or itu tertatih-tatih keluar pada laga melawan Las Palmas.

Villarreal tidak membuat mudah di pertandingan hari Minggu dan Barcelona harus menunggu hingga babak kedua meskipun menciptakan sejumlah peluang sejak awal pertandingan.

Dan ketika terobosan itu datang, itu terjadi sesuai prediksi: Neymar. Brasil mengirimkan satu penyelesaian sempurna setelah Villarreal menyerahkan bola jauh di setengah lapangan mereka sendiri dan Sergio Busquets mengirim umpan kepada pemain berusia 23 tahun itu.

Setelah itu Neymar dengan murah hati memberi si pemain Uruguay kesempatan untuk mencetak namanya di papan skor. Itu adalah hadiah yang terlalu bagus untuk ditolak dan Suarez mencetak gol untuk menggandakan keunggulan Blaugrana.

Namun permainan yang paling mengesankan menjadi milik Neymar. Pemain Brasil itu menguasai satu bola yang memantul di daerah penalti dengan dadanya, membaliknya dengan kaki kanannya untuk meninggalkan pengawalnya tercengang dan melepaskan tendangan voli melewati kiper Villarreal Alphonse Areola.

Itu mengingatkan pada tipe serangan yang menakjubkan dari legenda Barcelona seperti Ronaldinho dan Rivaldo – dan serangan dia itu memenangkan tepuk tangan meriah dari kerumunan Camp Nou.

Gol ganda si pemain Brasil itu berarti ia sekarang memiliki 13 gol dalam 14 pertandingan untuk Barcelona di semua kompetisi di 2015-16, sementara tendangan Suarez melihat pemain Uruguay tersebut mengoleksi 13 gol dalam 17 pertandingan, juga untuk semua kompetisi.

Ronaldo gagal untuk bersih dalam pertemuan Madrid dengan Sevilla kemudian pada hari Minggu sebagai Los Blancos kalah 3-2, sehingga kedua pemain sekarang tingkat dengan Messi Portugis dan (yang masih belum pulih dari cedera), akan memiliki beberapa penangkapan hingga lakukan ketika ia kembali tindakan untuk klub Catalan.

Kemenangan itu membawa Barcelona memasuki jeda internasional dalam bentuk terbaiknya dan laga berikutnya adalah bentrokan El Clasico di Santiago Bernabeu pada 22 November dinihari WIB.

Messi dan Ronaldo biasanya menjadi fokus tontonan utama dalam pertemuan dalam El Clasico, namun sang pemain Argentina itu tidak mungkin kembali untuk laga yang satu ini dan sang pemain produktif Portugis memiliki rekor gol yang sama kuat dengan dua striker Catalan tersebut.

Jadi, dua pemain terbesar La Liga dari beberapa tahun terakhir mungkin menemukan diri mereka dikalahkan dalam daftar pencetak gol musim ini jika si pemain Brasil dan Uruguay tersebut dapat melanjutkan bentuk mereka saat ini.

LIGA 2015-2016 – TOP SCORERS

Pos. Player Goals Team
1 Neymar 11 FC Barcelona
2 Luis Suárez 9 FC Barcelona
3 Imanol Agirretxe 8 Real Sociedad
3 Javi Guerra 8 Rayo Vallecano
3 Cristiano Ronaldo 8 Real Madrid
6 Rubén Castro 7 Real Betis
6 Lucas 7 Deportivo La Coruña
6 Aritz Aduriz 7 Athletic Club
6 Nolito 7 Celta of Vigo
10 Borja Baston 6 Eibar
10 Karim Benzema 6 Real Madrid
10 Iago Aspas 6 Celta of Vigo
13 Kevin Gameiro 5 Sevilla FC
13 Antoine Griezmann 5 Atlético Madrid
13 Alcácer 5 Valencia CF