Kiper Valencia Incar Posisi Zona Liga Champions

29

Meski Valencia CF saat ini tidak ikut kompetisi Eropa, namun kiper Los Che Mathew Ryan yakin timnya bisa masuk tahun depan. Penjaga gawang Valencia CF meyakini klubnya bisa masuk ke zona Liga Champions musim depan, meski saat ini Liga Spanyol baru akan digelar. Valencia sendiri di musim lalu tampil buruk di Liga Spanyol dengan berada […]

Meski Valencia CF saat ini tidak ikut kompetisi Eropa, namun kiper Los Che Mathew Ryan yakin timnya bisa masuk tahun depan.

Penjaga gawang Valencia CF meyakini klubnya bisa masuk ke zona Liga Champions musim depan, meski saat ini Liga Spanyol baru akan digelar.

Valencia sendiri di musim lalu tampil buruk di Liga Spanyol dengan berada di posisi ke-12 klasemen akhir, kala diarsiteki Nuno Espirito dan Gary Neville.

Padahal di musim sebelumnya Valencia bisa masuk ke posisi empat besar klasemen akhir dan lolos ke Liga Champions.

Namun kehancuran di musim lalu ternyata menjadi motivasi bagi anak asuhan Pako Ayestaran untuk merangsek ke posisi atas di klasemen Liga Spanyol nanti.

“Bagi sebuah klub yang mempunyai sejarah panjang, kami harus terus berkompetisi dengan tim-tim terbaik dan bermain di kompetisi yang terbaik juga,” ujar Mathew Ryan pada Omnisport.

“Itu sudah menjadi target kami setiap musimnya, dengan tingginya posisi klub, untuk bermain di kompetisi Eropa dan bisa berada di peringkat atas pada Liga Spanyol.”

“Tentu saja anda akan melawan tim-tim kuat, seperti Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid. Villarreal musim lalu sangat kuat dan juga Sevilla.”

“Namun tujuan kami bisa masuk ke playoff Liga Champions. Itu sudah ada di dalam pikiran kami, bahwa kami ingin berada di posisi itu. Kami ingin membanggakan klub.”

“Sebuah klub dengan penuh sejarah, yang telah dicapai di masa lampau, dengan piala-piala yang sudah dimenangkan, dengan laga-laga final yang dimainkan dan juga para pemain yang sudah dihasilkan.”

“Sebagai pemain Valencia, ini merupakan sebuah perasaan yang spesial. Dan kami akan mengembalikkan kebanggan tersebut kepada kostum musim ini. Anda menciptakan kenangan terindah dengan menjadi sukses dan itu tepatnya apa yang sedang saya coba beri di sini,” ungkap kiper berkewarganegaraan Australia itu.

Dengan perubahan sosok pelatih di Valencia, menurut Ryan melihat ada kelebihan yang dimiliki oleh Pako Ayestaran dibandingkan Espirito dan Neville.

“Setiap pelatih mempunyai gaya dan taktik yang berbeda. Dengan pengalaman Ayestaran sebagai pelatih kebugaran dibawah staf kepelatihan Rafael Benitez, saya melihat ada perbedaan di diri dia dengan lebih menekankan kepada sains olahraga, program diet, program gym, juga soal presentase lemak tubuh yang bisa membantu tampil baik kala bertanding.”

“Dia lebih baik dari sisi tersebut dibandingkan dua pelatih sebelumnya,” kata Ryan.

“Gaya permainan dia lebih fokus kepada membangun permainan dari belakang. Kami sudah mengusahakan pada gaya tersebut sebagai langkah awal. Bagaimana membangun permainan dari lini belakang, adalah apa yang ia pinta dari pada kiper.”

“Gaya permainan ini hampir mirip dengan tim nasional (Australia) namun juga berbeda. Perbedaannya dalam soal pergerakan pemain dan syarat yang dibutuhkan oleh seorang kiper.”

“Saya masih mencari cara dan memenuhi apa yang ia inginkan sebaik mungkin. Kami membuat banyak peningkatan,” tambahnya.