Messi Absen, Barcelona Ternyata Lebih Baik, Kata Statistik

20

Bertentangan dengan keyakinan umum, absennya Lionel Messi ternyata membuat Barcelona tampil lebih baik sebagai sebuah tim, dan sejumlah pemain menciptakan peluang lebih banyak daripada sebelumnya.

Berita Luga Spanyol : Bertentangan dengan keyakinan umum, absennya Lionel Messi ternyata membuat Barcelona tampil lebih baik sebagai sebuah tim, dan sejumlah pemain menciptakan peluang lebih banyak daripada sebelumnya. 

Seperti bisa dilihat dari statistik di bawah ini yang disajikan oleh Sportsmatrix, ketidakadaan Messi menyebabkan Luis Suarez, Neymar, dan Ivan Raktic menciptakan lebih banyak peluang di depan gawang lawan.

Selain itu rata-rata tembakan ke arah gawang dari sebuah permainan terbuka juga naik dari ketiga pemain itu. Neymar misalnya kini menghasilkan rata-rata tembakan ke arah target 4,8 per laga dari sebelumnya 3,4 saja. Suarez juga begitu, naik ke 4,8 tembakan rata-rata per laga dari sebelumnya hanya 3,1. Rakitic pun sepakat, dari 0,6 menjadi 1,7 tembakan rata-rata per pertandingan.

Sementara itu rata-rata tembakan ke gawang lawan secara tim adalah 16,7 berbanding 15 sebelumnya dan sebaliknya lawan mencatatkan 14,3 tembakan tanpa adanya Messi, dibandingkan 10 saja dengan keberadaannya. Jadi bukan hanya lini serang yang menjadi lebih terbuka, lini pertahanan juga menjadi lebih terbuka dengan tidak adanya Messi.

Lihat grafik selengkapnya. Bisa diklak-klik sana sini untuk melihat perbedaan penampilan Suarez, Neymar, maupun Rakitic.