Real Madrid, Barcelona Bakal Disaingi Klub-klub Kecil

  • Berita Bola: Siap-siap, mulai tahun 2016 bakal ada lebih banyak kejutan di Liga Spanyol setelah undang-undang baru mengharuskan duit hak siar televisi dibagikan lebih merata di antara 20 tim peserta La Liga Spanyol, mirip skema serupa di Premier League Inggris dan Serie A Italia.

Liga Spanyol  - Real Madrid, Barcelona Bakal Disaingi Klub-klub Kecil
Berita Liga Spanyol: Real Madrid, Barcelona Bakal Disaingi Klub-klub Kecil

Berita Bola: Siap-siap, mulai tahun 2016 Real Madrid dan Barcelona bakal lebih sering kalah setelah undang-undang baru mengharuskan duit hak siar televisi dibagikan lebih merata di antara 20 tim peserta La Liga Spanyol, mirip skema serupa di Premier League Inggris dan Serie A Italia.

Saat ini ketidakadilan soal pembagian hak siar televisi di Spanyol menyebabkan klub-klub raksasa seperti Real Madrid dan Barcelona menerima pendapatan sampai 12 kali lipat klub-klub kecil seperti Elche dan Cordoba. Dan sebagai akibatnya mereka bisa merekrut lebih banyak pemain berkualitas dan mahal, dan kesenjangan kualitas pun makin terjadi.

Dengan peraturan baru ini maka klub-klub kecil di Spanyol akan memperoleh rejeki nomplok dari langit. Secara mendadak mulai 2016 mereka akan mampu membeli pemain-pemain bagus yang selama ini hanya tersalurkan ke Madrid atau Barcelona saja.

Era baru ini akan mengakhiri zaman ketika Barcelona dan Real Madrid sebagai satu dari dua klub elit yang meraup pendapatan terbesar dari penawaran televisi secara individual. Sepuluh persen dari pendapatan televisi juga akan diberikan kepada tim-tim di divisi kedua Spanyol. Sebelumnya, Barcelona dan Real Madrid menegosiasikan hak siar televisi mereka sendiri.

Sebuah persentase tertentu akan dibagi berdasarkan faktor-faktor seperti posisi di klasemen liga dan kemampuan untuk menghasilkan uang melalui penyiaran, yang berarti klub besar masih akan memperoleh lebih banyak uang daripada klub yang lebih kecil, tetapi dengan selisih yang jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Juru bicara kementerian olahraga Spanyol Miguel Cardena mengatakan kesepakatan ini sudah lebih mirip dengan kesepakatan TV di Liga Premier, menyatakan “Anda harus melihat bahwa tahun lalu ada klub yang duduk di urutan terakhir di Liga Premier menerima lebih banyak dari [juara Spanyol saat ini] Atletico Madrid.”

Kesepakatan itu akan mengatur hak siar televisi untuk La Liga dan divisi dua Spanyol, serta kompetisi Copa del Rey dan Piala Super.

Liga Spanyol  - Real Madrid, Barcelona Bakal Disaingi Klub-klub Kecil