Cristiano Ronaldo Kapan Pensiun? Ini Jawabannya!

Meski Cristiano Ronaldo sang bintang Real Madrid dan timnas Portugal kini sudah berusia 31 tahun namun ia berharap masih bisa terus bermain. Cristiano Ronaldo tak diragukan lagi merupakan salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Dengan 3 kali meraih Ballon d’Or dan raihan gelar lain selama karirnya, ia disebut-sebut pemain terbaik di sepakbola modern bersama dengan […]

Meski Cristiano Ronaldo sang bintang Real Madrid dan timnas Portugal kini sudah berusia 31 tahun namun ia berharap masih bisa terus bermain.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo tak diragukan lagi merupakan salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Dengan 3 kali meraih Ballon d’Or dan raihan gelar lain selama karirnya, ia disebut-sebut pemain terbaik di sepakbola modern bersama dengan Lionel Messi.

Sewaktu masih bermain di Manchester United, Ronaldo mencetak 118 gol dari 291 pertandingan. Setelah itu CR7 hijrah ke Real Madrid pada tahun 2009 dengan biaya 80 juta poundsterling yang merupakan rekor transfer pada saat itu. Di Real Madrid, Ronaldo sudah menceploskan 367 gol dari 354 pertandingan hingg saat ini, yang besar kemungkinan masih akan terus bertambah.

Meski banyak pihak yang menilai jika Cristiano Ronaldo sudah melewati puncak karirnya, namun kapten tim nasional Portugal itu menegaskan jika dirinya masih belum akan pensiun dalam waktu dekat ini. Meskipun demikian, Ronaldo mengakui jika masa depannya tidak bergantung selamanya kepada sepakbola.

“Hidup saya bukan hanya tentang sepakbola,” ujar Ronaldo pada pembukaan hotel barunya di Lisbon. “Meskipun sepakbola merupakan gairah terbesar saya, namun saya harus berpikir tentang masa depan. Saya tidak memiliki banyak sisa waktu lagi, mungkin sekitar 10 tahun atau kurang. Jadi saya harus melihat ke masa depan.”

Musim ini Ronaldo tengah menghadapi start terburuk dalam karirnya di Real Madrid, Ronaldo baru mencetak 1 gol dari empat pertandingan yang ia mainkan di Liga Spanyol. Real Madrid sendiri tengah menghadapi tren negatif dengan strike empat hasil seri di empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Kini Ronaldo dan Real Madrid akan bersama-sama mengincar mementum titik balik kala menghadapi Real Betis pada 16 oktober mendatang di pekan ke-8 Liga Spanyol.

Sepakbola.cc