BREAKING NEWS : Prancis Tawarkan FC Barcelona Gabung Ligue 1

  • Perdana Menteri Prancis secara resmi menawarkan kepada FC Barcelona untuk bergabung dengan Ligue 1, divisi teratas sepakbola Prancis, jika Catalonia memutuskan merdeka dari Spanyol. Tapi, apa jadinya La Liga jika cuma tersisa raksasa Real Madrid di sana?

Liga Spanyol  - BREAKING NEWS : Prancis Tawarkan FC Barcelona Gabung Ligue 1

Berita Liga Spanyol : Perdana Menteri Prancis secara resmi menawarkan kepada FC Barcelona untuk bergabung dengan Ligue 1, divisi teratas sepakbola Prancis, jika Catalonia memutuskan merdeka dari Spanyol. Tapi, apa jadinya La Liga jika cuma tersisa raksasa Real Madrid di sana? 

Perdana Menteri Perancis Manuel Valls mengatakan dia akan menawarkan Barcelona sebuah tempat di Ligue 1 musim depan jika klub itu dipaksa untuk pergi meninggalkan divisi teratas sepakbola Spanyol.

Barcelona, yang meraih treble Eropa musim lalu secara luar biasa di bawah manajer Luis Enrique, beresiko kehilangan keanggotaan La Liga mereka di tengah prospek referendum kemerdekaan Catalonian.

Kota Barcelona adalah ibukota daerah otonom Catalonia dan jika pemisahan dari Spanyol dipilih oleh rakyat wilayah itu dalam pemilihan umum mendatang maka klub tersebut akan dikeluarkan dari kompetisi liga domestik La Liga Spanyol.

Dalam sebuah wawancara dengan koran Perancis Journal du Dimanche Valls, yang lahir di kota Barcelona dan ayahnya pernah bermain untuk klub itu, mengatakan bahwa ia akan bersedia untuk menyediakan jalan keluar kepada tim tersebut.

“Monaco juga bermain di Ligue 1, jadi mengapa tidak Barcelona?” dia bertanya.

Pria berusia 53 tahun itu menambahkan: “Saya seorang penggemar berat sepak bola, penggemar Barcelona. Mereka ada di dalam darah saya. orang-orang Prancis tahu itu dan mereka bertanya pada saya soal itu di jalanan kota Paris.”

AS Monaco, klub dari negara mungil di sisi Laut Tengah, sudah sejak lama bermain di Ligue 1, yakni sejak tahun 1993, namun masuknya mereka telah menyebabkan beberapa kontroversi, mengingat status negara mungil itu sebagai surga pajak.

FC Barcelona sudah dua kali kena denda UEFA karena fans mereka mengibarkan bendera Catalonia di stadion, sesuatu yang dianggap sebagai “terlalu politis” oleh badan sepakbola Eropa itu.

Dalam isu Catalonia merdeka, Barcelona memasang sikap abu-abu. Seragam tandang musim ini merupakan tiruan dari warna bendera Catalonia, namun secara resmi klub menentang setiap usaha untuk mempolitisasikan klub.