Catalunya Ingin Merdeka, Barcelona Bisa Terdepak Dari La Liga Spanyol

Rencana rakyat Catalunya yang ingin merdeka dari Spanyol sebenarnya telah bergulir sejak lama. Apabila Catalunya benar benar merdeka, maka klub raksasa Barcelona bisa saja terdepak dari kompetisi La Liga Spanyol. Javier Tebas, presiden LFP menyatakan, jika Catalunya pada akhirnya benar benar memisahkan diri dari Spanyol dan menjadi negara merdeka, maka Barcelona FC juga tidak boleh berlaga  di La […]

Liga Spanyol  - Catalunya Ingin Merdeka, Barcelona Bisa Terdepak Dari La Liga Spanyol

Rencana rakyat Catalunya yang ingin merdeka dari Spanyol sebenarnya telah bergulir sejak lama. Apabila Catalunya benar benar merdeka, maka klub raksasa Barcelona bisa saja terdepak dari kompetisi La Liga Spanyol.

Javier Tebas, presiden LFP menyatakan, jika Catalunya pada akhirnya benar benar memisahkan diri dari Spanyol dan menjadi negara merdeka, maka Barcelona FC juga tidak boleh berlaga  di La Liga.

Tebas mengaku tak hanya mencemaskan posisi Barcelona,  tapi juga klub lain seperti Nastic, Girona, Espanyol, Llagostera, dan Sabadell. “Jika undang-undang olahraga masih sama, maka mereka tak bisa bermain di kompetisi kami,” ujarnya dikutip AS.

Ada solusi menurut Tebas bagi klub yang berada di Catalunya, termasuk Barcelona agar tetap bisa bermain di La Liga. Yaitu, kedua negara nantinya membuat kesepakatan untuk mengubah undang-undang olahraga mereka.

 

Liga Spanyol  - Catalunya Ingin Merdeka, Barcelona Bisa Terdepak Dari La Liga Spanyol

 

Namun Tebas masih yakin Catalunya tak akan memisahkan diri dari SPanyol. “Saya tak suka berspekulasi tentang hal yang mustahil. Catalunya akan tetap menjadi bagian Spanyol,” kata Tebas.

“Kita bisa mengubah undang-undang yang ada. Andorra contohnya, mereka bisa tampil di kompetisi kita karena peraturan secara spesifik membolehkan. Hal yang sama juga bisa terjadi dengan Barcelona, jika Catalunya memisahkan diri. Namun bagi saya itu mustahil. Sekali lagi saya bilang, Catalunya akan selalu menjadi bagian Spanyol,” ungkapnya.

 

Liga Spanyol  - Catalunya Ingin Merdeka, Barcelona Bisa Terdepak Dari La Liga Spanyol



Untuk Gibolers ketahui, Barcelona FC selama ini dijadikan salah satu alat kampanye masyarakat Catalunya yang menginginkan kemerdekaan. Dalam beberapa kesempatan, suporter mereka membawa spanduk yang isinya menuntut kemerdekaan Catalunya dari Spanyol.