Cristiano Ronaldo Belum Bisa Bayangkan Dirinya Jadi Pelatih

28

Berita Bola – Bintang Real Madrid asal Portugal Cristiano Ronaldo tidak yakin dirinya akan melanjutkan karir sebagai pelatih sepak bola ketika pensiun nanti.

Liga Spanyol  - Cristiano Ronaldo Belum Bisa Bayangkan Dirinya Jadi Pelatih

Berita Bola – Bintang Real Madrid asal Portugal Cristiano Ronaldo tidak yakin dirinya akan melanjutkan karir sebagai pelatih sepak bola ketika pensiun nanti.

Cristiano Ronaldo belum bisa memastikan dirinya akan menekuni karir di sisi lapangan ketika karir gemilangnya menemui akhir.

Ronaldo mendaulatkan dirinya sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah usai mengawinkan Ballon d’Or dan gelar Pemain Terbaik FIFA 2016 yang terpaut satu bulan.

Dua penghargaan bergengsi itu didapatnya karena kesuksesan di sepanjang tahun 2016 dengan membantu Real Madrid menjadi juara Liga Champions ke-11 dan tim nasional Portugal menyabet trofi Euro 2016 Perancis.

Kegemilangan karir di atas lapangan hijau jarang terulang di sisi lapangan bagi seorang pesepakbola, dan Ronaldo pun mengetahui hal tersebut.

Meski dirinya sempat berada di sisi lapangan kala Portugal melakoni laga final Euro melawan tuan rumah Perancis usai dirinya ditarik ke bangku cadangan karena cedera, ia mengaku tidak tertarik menjadi pelatih, setidaknya untuk saat ini.

“Sangat sulit…(tapi) jangan pernah berkata tidak,” ujar pemain kelahiran Kepulauan Madeira itu pada laman resmi FIFA.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di masa depan namun untuk saat ini saya tidak bisa membayangkan diri saya sebagai pelatih.”

Kesuksesan Ronaldo terjadi ketika usianya sudah menginjak 31, usia rata-rata dimana seorang pesepakbola mulai mempertimbangkan karir selanjutnya sebelum memutuskan pensiun.

Ia pun mengaku tidak ada rahasia untuk mencapai posisi yang dia tempati saat ini selain berlatih keras.

“Tidak ada rahasia. Hannya berlatih keras dan sangat berat,” ungkapnya.

“Saya bermain bagi sebuah tim (Real Madrid) yang memberikan peluang bagi diri saya untuk bersaing memperoleh piala-piala ini.”

“Dengan tim nasional Portugal juga, saya rasa kami sangat sensasional di Euro.”

“Saya akan berkata lagi, ini merupakan tahun impian, performa koletif, performa individu dan performa tim dan performa tim nasional.”