Cristiano Ronaldo Kini Mirip Messi, Buruan Dinas Pajak Spanyol!

  • Cristiano Ronaldo menjadi incaran Dinas Pajak Spanyol setelah diketahui melakukan praktek pengelabuan kewajiban pajak seperti yang dilakukan Lionel Messi.

Cristiano Ronaldo - Real Madrid
Cristiano Ronaldo - Real Madrid

Berita Bola, Liga SpanyolCristiano Ronaldo diyakini menjadi buruan Dinas Pajak Spanyol berikutnya setelah mangkir bayar pajak.

Sebagai seorang profesional yang bekerja dan berdomisili di Spanyol, CR7 diwajibkan untuk membayar pajak kepada pemerintah Negara Matador tersebut, sebesar 43,5 persen dari total pemasukan.

Sayangnya Ia tidak membayar sebagian pendapatannya dari hak citra potret karena dialihkan ke sebuah perusahaan bernama Multisports & Image Management (MIM) Limited, yang terdaftar di Republik Irlandia.

Menurut El Confidencial pada Kamis, waktu setempat, pemasukan dari hak citra potret Cristiano masuk ke perusahaan tersebut, namun nama dia tidak terdaftar sehingga sulit untuk ditelusuri oleh pihak Spanyol.

Pemilihan perusahaan tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya kewajiban pajak di Republik Irlandia, yang hanya 12,5 persen sehingga disebut-sebut sebagai surga pajak.

Sama seperti pesepak bola lainnya yang sempat terganjal masalah pajak, seperti Lionel Messi dan Samuel Eto’o, Dinas Pajak diyakini akan menelusuri hal ini karena semua pelaporan pemasukan harus masuk ke IRPF, selaku lembaga pajak.

Laman Football Leaks sebelumnya sudah membongkar kerja sama iklan yang melibatkan Cristiano melalui MIM, termasuk Nike, Unilever (sampo Clear), KFC, konami (Pro Evolution Soccer), Toyota Thailand, Banco Espirito Santo, Jacob & Co dan Mobily.

Dengan informasi tersebut disertai detail dan dokumentasi, termasuk kontrak yang ditandatangani antara sang pemain dengan sponsor, seperti yang terlihat dalam unggahan akun-akun jejaring sosial yang dipunyai Cristiano.

Yang menjadi kecurigaan ialah, meski namanya tidak terdaftar di MIM, namun merk Cristiano Ronaldo dan Cristiano Ronaldo Legacy dipunyai oleh MIM.

Akan tetapi masalah ini bisa dihindari sehingga tidak menganggu penampilannya di atas lapangan dengan cara mengaku dan membayar denda serta kewajiban pajak.

Akan tetapi jika Ia tidak mengaku, maka pilihannya adalah naik ke meja hijau dan terkatung-katung selama beberapa bulan.

Seandainya masuk ke pengadilan dan dinyatakan bersalah, CR diyakini tidak akan masuk hotel prodeo karena masalah pajak merupakan tindak kriminal minor dan sang terdakwa belum pernah melakukan aksi melanggar hukum.