Pendapat Joachim Loew tentang Ronaldo dan Messi

Berita Bola — Satu lagi pelatih terkenal yang memberikan pendapat tentang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ya, pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, punya penilaian tersendiri tentang kedua megabintang lapangan hijau itu.

Berita Bola —┬áSatu lagi pelatih terkenal yang memberikan pendapat tentang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ya, pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, punya penilaian tersendiri tentang kedua┬ámegabintang lapangan hijau itu.

Berbeda dengan penilaian sebagian besar orang yang condong menilai Messi dan Ronaldo dari sisi kualitas individual, maka Joachim Loew mendasari penilaiannya pada peran dan kontribusi kedua pemain dalam tim yang mereka perkuat.

Pada kategori kontribusi bagi tim itu, maka Loew condong memilih Lionel Messi lebih besar kontribusinya bagi tim ketimbang Ronaldo. Menurut dia, Messi tak hanya jago mencetak gol, tapi juga banyak memberikan assist bagi rekan setim.

“Jika saya diminta memilih antara Cristiano dan Messi, saya tentu akan memilih pemain Argentina (Messi),” kata Loew pada Bild menjawab pertanyaan siapa yang lebih baik di antara Messi dan Ronaldo.

“Karena Messi tidak hanya bisa mencetak gol dengan jumlah yang luar biasa, namun ia juga bisa memberikan assist dalam jumlah yang tidak kalah fantastis. Saya kira hal tersebut membuatnya menjadi pemain yang lebih berharga ketimbang Cristiano,” tambahnya.

Pada musim 2015-16 ini, jumlah gol yang ditorehkan CR7, baik di ajang La Liga maupun Liga Champions, lebih banyak dibanding Messi. Tapi, La Pulga sukses menutup musim ini dengan membawa Barcelona memenangkan La Liga dan Copa del Rey.

Adapun Ronaldo masih berjuang untuk membawa timnya meraih satu trofi yang tersisa di musim ini, yaitu Liga Champions. Pada partai final yang berlangsung di San Siro Milan, 29 Mei 2016 mendatang, Madrid akan melawan Atletico Madrid.

Sepakbola.cc