Dani Carvajal Membaik Setelah Alami Infeksi Jantung

  • Kondisi bek Real Madrid, Dani Carvajal, diberitakan terus membaik setelah ia didiagnosa alami infeksi jantung (perikarditis).

Dani Carvajal

Namun, Real Madrid dikabarkan akan lebih berhati-hati menyikapi kondisi Carvajal, dan berusaha untuk mencegah kambuhnya penyakit serupa pada Carvajal di kemudian hari.

Kini, kondisi jantung Carvajal dilaporkan Real Madrid sudah bersih dari virus yang mengganggunya beberapa waktu terakhir. Demikian diungkapkan sumber AS yang dekat dengan pemain Spanyol berusia 25 tahun itu.

Sejumlah pengobatan telah dijalani Carvajal. Ini terdiri dari anti-inflamasi, non-steroid dan aspirin, yang sejauh ini telah terbukti berhasil. Walau penyakit yang diderita Carvajal cukup mengkhawatirkan, tapi hal itu tidak membuat Madrid ingin memecat Carvajal.

Sejauh ini, dokter di Real Madrid berusaha berhati-hati dan belum bisa tentukan kapan Carvajal akan kembali ke lapangan. Namun petugas medis Madrid, dokter José González memperkirakan Carvajal akan butuh waktu istirahat setidaknya satu hingga dua pekan sebelum kembali berlatih.

Akibat infeksi jantung yang dialaminya, Carvajal belum pernah berlatih lagi sejak 30 September lalu. Saat itu, klubnya secara resmi umumkan bahwa Carvajal akan dikesampingkan dalam waktu yang tidak terbatas karena infeksi perikardium.

Perikarditis merupakan peradangan lapisan membran jantung, suatu kondisi yang lebih sering terlihat pada orang muda, dan berasal dari infeksi virus. Masalahnya, bahkan setelah virus mereda, berolahraga menjelang pemulihan penuh tidak disarankan, karena bisa menyebabkan penyakit itu kambuh lagi (perikarditis konstriktif), atau mendapat konsekuensi yang lebih buruk, termasuk efusi perikardial atau munculnya cairan di sekitar jantung.

Fakta bahwa virus itu sudah hilang telah membuat tim dokter Madrid optimistis mengenai kasus yang menimpa Carvajal. Selama beberapa hari terakhir ini, muncul ketakutan bahwa Carvajal akan alami kondisi yang sama dengan Aitor Karanka, yang saat itu masih berusia 24 tahun dan juga memperkuat Madrid.

Saat itu, Karanka juga alami perikarditis, dan berada di luar permainan selama empat bulan di musim 1998/99. Karanka lalu dirawat kardiolog ternama, Jorge Ros Jellici, namun virus tersebut kemudian melambat. Hal seperti ini memang belum terjadi pada Carvajal, yang diperkirakan bisa berlatih lagi sebelum akhir Oktober nanti.