David Villa kembali, Barcelona menang telak

  • Barcelona memulai kompetisi Liga Primera Spanyol dengan kemenangan besar 5-1 atas tamunya Real Sociedad, Senin (20/8) dinihari WIB. Kemenangan tersebut ditandai pula dengan kembalinya striker David Villa dari cedera panjang. Tak hanya tampil untuk pertama kalinya di laga resmi, Villa juga menyumbangkan satu gol. Villa yang absen sejak akhir tahun lalu akibat cedera patah kaki […]

Liga Spanyol  - David Villa kembali, Barcelona menang telakBarcelona memulai kompetisi Liga Primera Spanyol dengan kemenangan besar 5-1 atas tamunya Real Sociedad, Senin (20/8) dinihari WIB. Kemenangan tersebut ditandai pula dengan kembalinya striker David Villa dari cedera panjang. Tak hanya tampil untuk pertama kalinya di laga resmi, Villa juga menyumbangkan satu gol.

Villa yang absen sejak akhir tahun lalu akibat cedera patah kaki saat tampil di Piala Dunia Antarklub di Jepang, dimainkan oleh pelatih Tito Vilanova pada menit ke 75. Ia masuk menggantikan Pedro. “El Guaje” membayar kepercayaan itu dengan mencetak gol di menit ke 84. Sepakan terarahnya memanfaatkan umpan Iniesta merobek gawang Sociedad sekaligus menutup kemenangan Barcelona 5-1.

Usai mencetak gol, Villa mengangkat kostumnya dan terlihatlah tulisan “Impossible Sin Vosotras”, dengan gambar keluarganya. Artinya, semua tak mungkin tanpa dukungan mereka. Hal itu merujuk pada cedera patah kaki yang dialaminya sejak Desember 2011. Ia pun harus melewatkan sisa kompetisi, bahkan absen di Euro 2012, demi memulihkan kondisinya.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Camp Nou ini, Barcelona praktis mendominasi pertandingan.  Laga baru memasuki menit keempat, mereka sudah berhasil mengoyak jala Sociedad. Umpan lambung Xavi Henandez dari sebuah sepak pojok, berhasil dimaksimalkan Carles Puyol.

Sosiedad sempat membuat kejuatan dengan mencetak gol penyama kedudukan lima menit kemudian. Tembakan keras kaki kiri Gonzalo Castro memanfaatkan umpan Asier Illarramendi tak mampu dibendung kiper Victor Valdes.

Tapi, kegembiraan Sociedad hanya bertahan dua menit.  Barcelona kembali membuat puluhan ribu publik Camp Nou bersorak setelah Messi mencetak gol untuk membawa tim tuan rumah unggul 2-1. Empat menit setelah itu atau di menit ke 16, Messi lagi-lagi menunjukkan kelasnya sebagai striker haus gol dengan mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Cristian Tello. Di menit ke 41, Pedro membawa Madrid unggul 4-1 menyempurnakan umpan terukur Tello.

Di babak kedua, Barcelona tidak menurunkan tekanannya. Masuknya Gerard Pique dan Andres Iniesta yang menggantikan Puyol dan Fabregas di menit ke 51 dan 58,  membuat tekanan Barcelona tetap terjaga. Namun  dari sejumlah peluang emas yang didapat, hanya satu yang berbuah gol di babak kedua, yaitu gol yang dicetak David Villa di menit ke 84.

Susunan Pemain
Barcelona (4-4-2): 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 14-Javier Mascherano, 5-Carles Puyol (Gerard Pique 51), 18-Jordi Alba; 16-Sergio Busquets, 4-Cesc Fabregas (Andres Iniesta 58), 6-Xavi Hernandez, 37-Cristian Tello; 10-Lionel Messi, 17-Pedro Rodriguez (David Villa 75)
Pelatih: Tito Vilanova

Real Sociedad (4-3-3): 1-Claudio Bravo; 15-Jon Ansotegui, 3-Mikel Gonzalez, 24-Alberto de la Bella, 22-Daniel Estrada; 4-Gorka Urkola (Carlos Vela 65), 8-Asier Illarramendi (Javier Ariel Rosada 78), 5-Markel Bergara Larranaga; 7-Antoine Griezmann, 18-Gonzalo Castro (Jose Angel 73), 10-Xabi Prieto
Pelatih: Philippe Montanier

Berikut adalah hasil lengkap pertanding pertama kompetisi Liga Primera Spanyol musim 2012-2013

Sabtu (18/9) atau Minggu dinihari WIB:
Celta de Vigo    0 – 1    Malaga
Pencetak gol:  Fabrice (84)

Sevilla    2 – 1    Getafe
Gol Sevilla: F. Fazio (34), A. Negredo (pen.39)
Gol Getafe: Alexis (51)

Mallorca    2 – 1    Espanyol
Gol Mallorca: T. Hemed (2, 85)
Gol Espanyol: M. Wakaso (6)

Minggu (19/8) atau Senin dinihari WIB:
Athletic Bilbao  3 – 5  Real Betis
Gol Bilbao:  O.D. Marcos (47), M.S. José (67, 76).
Gol Betis: R.C. Martin (7), J. Molina (26, 86), B. Etxebarria (31), A. Pozuelo (80)

Real Madrid  1 – 1  Valencia
Gol Madrid: G. Higuain (10)
Gol Valencia: Jonas (42)

Barcelona 5 – 1 Real Sociedad
Gol Barcelona: C. Puyol (4), Messi (11, 16), Pedro Rodriguez (41), D. Villa (84)
Gol Sociedad: G. Castro (9)

Levante 1 – 1 Atletico Madrid
Gol Levante:  N.E. Zhar (5)
Gol Atletico: A. Turan (26)

Jadwal laga Senin (20/8) atau Selasa dinihari WIB:
Deportivo La Coruna vs Osasuna, pukul 00.00 WIB
Rayo Vallecano vs Granada, pukul 02.00 WIB
Real Zaragoza vs  Real Valladolid, pukul 04.00 WIB