Del Nido Kritik Uang Hak Siar La Liga

  Jose Maria Del Nido, presiden Sevilla, kritik ketimpangan pembagian hasil antara Real Madrid dan Barcelona dengan klub-klub Spanyol lainnya. Kebijakan pembagian uang hak siar televisi memang tidak merata di Liga Spanyol. Selama ini Barcelona FC dan Madrid dapat 50 persen bagian. Ia juga ingin pemerintah Spanyol mau turun tangan juga untuk mengurangi kesenjangan yang […]

 

Jose Maria Del Nido, presiden Sevilla, kritik ketimpangan pembagian hasil antara Real Madrid dan Barcelona dengan klub-klub Spanyol lainnya. Kebijakan pembagian uang hak siar televisi memang tidak merata di Liga Spanyol. Selama ini Barcelona FC dan Madrid dapat 50 persen bagian. Ia juga ingin pemerintah Spanyol mau turun tangan juga untuk mengurangi kesenjangan yang terjadi di Liga Spanyol tersebut.

“Liga Premier Skotlandia saja masih lebih kompetitif ketimbang Liga Spanyol,” kritik Del Nido.

“Di sini, tim yang tampil sebagai juara dan runner up bisa memiliki jarak sampai lebih dari 40 poin dari klub yang tidak tampil di zona Eropa. Saya rasa Liga Spanyol adalah satu-satunya kompetisi yang jarak antara juara dan juru kuncinya bisa mencapai lebih dari 70 poin.”

“Saya berharap pembagian hasil hak siar bisa lebih kolektif lagi. Dengan pembagian yang lebih adil, kompetisi juga akan berjalan lebih kompetitif.”

“Apakah anda percaya bahwa tim dengan dana 30 juta Euro akan sama kuatnya dengan tim yang memiliki 15 juta Euro?” imbuh Del Nido lagi.

Tak sampai disitu, ia juga membandingkan kondisi yang terjadi di Spanyol dengan kompetisi besar Eropa lainnya.

“Liga Eropa lainnya berjalan lebih kompetitif karena pembagian hasil hak siar mereka lebih kolektif. Lihat saja di Inggris, Prancis, Italia… Rasio distribusi 10:1 tak pernah ada.”