Jangan lupa Sabtu 25 Oktober 2015 pukul 23.00 WIB akan digelar El Clasico di Santiago Bernabeu.

Berikut adalah beberapa data dan fakta yang perlu kamu ketahui:

  1. El Clasico dianggap sebagai persaingan yang terbesar (dan terpanjang) dalam sejarah sepakbola. Jika memasukkan laga-laga persahabatan, ekshibisi dan pertandingan lainnya, maka El Clasico yang pertama telah dimainkan pada 13 Mei 1902. Sejak saat itu, kedua tim telah menjaringkan  877 gol di kedua gawang mereka!
  2. Secara tradisional ElClasico adalah laga sepakbola kedua yang paling banyak ditonton orang di seluruh dunia, hanya kalah dari partai final Liga Champions! Tercatat setidaknya 400 juta penggemar sepakbola di seluruh muka bumi terpaku pada layar TV mereka selama pertemuan El Clasico.
  3. Real Madrid dan Barcelona sama-sama dikenal dengan permainan sepakbola menyerang serta nafsu besar untuk menjebol gawang lawan sebanyak-banyaknya. Tidak heran jika sebagian besar pertemuan El Clasico berakhir dengan skor tinggi. Dalam El Clasico pada 13 Juni 1943 Real Madrid mengalahkan Barcelona yang malang dengan skor 11-1!
  4. The Pasillo. Ada tradisi yang dinamakan Pasillo, atau lorong kehormatan. Secara tradisional jika salah satu tim, entah Real Madrid atau Barcelona telah dipastikan memenangkan liga sebelum El Clasico berlangsung, maka tim yang lain akan memberikan ‘lorong kehormatan’ yang dinamakan The Pasillo! Hal ini telah terjadi tiga kali, yang terakhir adalah pada tanggal 7 Mei 2008 ketika Madrid menerima barisan kehormatan. Hal ini jarang terjadi karena biasanya antara keduanya terjadi persaingan sengit, sehingga pemenang liga baru dipastikan jauh setelah laga El Clasico terakhir.
  5. Laga El Clasico secara tradisional dikenal sebagai pertempuran antar bintang. Yang terbaru adalah antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Messi kini sudah mencatatkan gol yang sama banyak dengan legenda Madrid, Alfredo di Stefano, sebanyak 14 gol. Berapa pun gol yang dicetak Messi –jika ada– pada El Clasico Sabtu nanti sudah akan memecahkan rekor di Stefano tersebut.
  6. Setidaknya ada lima pemain bernama besar yang sudah main untuk kedua sisi El Clasico, termasuk di antaranya Luis Enrique, manajer Barce saat ini yang pernah bermain untuk Real Madrid tahun 1991-1996 sebelum pindah ke Barcelona 1996-2004. Nama-nama lainnya termasuk Luis Figo, Ronaldo Brasil (Ronaldo Luís Nazário de Lima), Bernd Schuster, dan Michael Laudrup.
  7. Sementara kedua tim selalu memiliki senjata untuk menjebol gawang lawan berkali-kali, ternyata ada 7 laga dalam sejarah yang berakhir tanpa gol. Kejadian yang demikian hampir tak terpikirkan di masa kini, mengingat begitu banyaknya penyerang yang mereka miliki.