Euro 2012: Spanyol tak merasa superior

10

Spanyol masih difavoritkan memenangi turnamen Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, Juni mendatang. Selain karena mereka berhasil tampil sebagai juara pada Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, penampilan mereka di ajang ujicoba juga terbilang konsisten. Pada pertandingan ujicoba Sabtu (26/5) lalu, hanya Spanyol yang menuai kemenangan meyakinkan. Mereka mengalahkan Serbia 2-0. Padahal waktu itu mereka […]

Spanyol masih difavoritkan memenangi turnamen Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, Juni mendatang. Selain karena mereka berhasil tampil sebagai juara pada Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, penampilan mereka di ajang ujicoba juga terbilang konsisten.

Pada pertandingan ujicoba Sabtu (26/5) lalu, hanya Spanyol yang menuai kemenangan meyakinkan. Mereka mengalahkan Serbia 2-0. Padahal waktu itu mereka tidak diperkuat pilar Barcelona seperti Xavi, Iniesta dan Bosquets.

Sebaliknya dua tim favorit, Jerman dan Belanda menelan kekalahan di uji coba itu. Jerman ditekuk Swiss 5-3, sedangkan Belanda menyerah 1-2 kepada Bulgaria. Sementara Prancis dan Inggris, dengan susah payah meraih kemenangan tipis.

Walau begitu pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, mengatakan timnya tidak merasa lebih hebat dari tim-tim lain. Menurut dia masih banyak tim favorit lain selain Spanyol di Piala Eropa 2012 nanti.

“Secara mental kami kuat. Tetapi, kami tidak merasa superior dibandingkan tim lainnya,” kata Del Bosque.

Ia menambahkan pertandingan ujicoba bukanlah ujian sesungguhnya bagi sebuah tim. “Itu hanya laga ujicoba. Yang sesungguhnya baru akan dimulai pada 8 Juni nanti,” tambahnya.