Fans Ramai-ramai Desak Presiden Barcelona Mundur

Walaupun Barcelona berhasil menang telak atas Espanyol dan Blaugrana berhasil menjauh empat poin dari Real Madrid, namun fans tetap mendesak presiden Barca mundur.

Di sela-sela sorak-sorai mereka atas kemenangan Barca 5-0 dari Espanyol, Minggu (10/(0, namun fans juga ramai-ramai bernyanyi ‘Bartomeu Out!’ dari atas tribun di Camp Nou.

Kemenangan 5-0 atas sesama klub Catalan – yang membuat Barca unggul empat poin dari Real Madrid, bahkan tidak bisa kalahkan rasa marah suporter terhadap Josep Maria Bartomeu. Juru kampanye yang berusaha mengusir presiden Bartomeu dengan mosi tidak percaya, berhasil kumpulkan 2.920 tanda tangan dari fans yang kantongi kartu anggota pada akhir pertandingan itu.

Angka itu digambarkan sebagai ‘sesuatu yang luar biasa’, meski pada saat bersamaan fans Barca sadar dibutuhkan 16.570 tanda tangan untuk bisa sampaikan mosi tidak percaya diri terhadap Bartomeu dan dewan pengurus Barca saat ini.

Koleksi tanda tangan itu mencapai puncaknya pada jam-jam menjelang pertandingan melawan Espanyol, saat para suporter rela mengantri selama setengah jam untuk beri dukungannya pada lawan Bartomeu, Agusti Benedito.

Salah satu pemandangan yang paling mengejutkan terjadi saat sebagian suporter rela meninggalkan kursi mereka di tengah-tengah saat pertandingan, dan berikan tanda tangannya untuk mosi tidak percaya tersebut. Bahkan setelah pertandingan usai, sebagian fans Barca juga masih ada yang mengantri untuk masukkan nama mereka ke dalam formulir petisi.

Beberapa saat sebelum peluit akhir berbunyi, tepat ketika Luis Su├írez mencetak gol ke lima Barcelona, publik Camp Nou ramai-ramai terdengar menyanyikan ‘Bartomeu out!’, ‘Nobita keluar!’ (mengacu pada karakter Nobita Nobi di serial TV Doraemon).

Rencananya, penyedia bantuan Benedito akan dirikan kios mereka lagi jelang pertandingan Liga Champions antara Barca kontra Juventus, Rabu (13/9) dinihari WIB, dengan harapan akan mendapat lebih banyak tanda tangan.

Saat itu, lebih dari 72 ribu penonton diharapkan datang ke Camp untuk menonton pertandingan melawan Juventus. Pihak pendukung mantan kandidat presiden Barcelona, Agusti Benedito, berharap banyak orang akan kembali rela mengantri untuk teken formulir petisi penggulingan Bartomeu.

Sepakbola.cc