FC Barcelona Dan AC Milan, Dua Sejoli Klub Eropa Beda Negara

  • FC Barcelona dan AC Milan, meski keduanya berbeda negara namun rupanya hubungan keduanya cukup ‘ikrib’ alias cukup dekat atau … sangat dekat sekali?

Liga Spanyol  - FC Barcelona Dan AC Milan, Dua Sejoli Klub Eropa Beda Negara

FC Barcelona dan AC Milan, meski keduanya berbeda negara namun rupanya hubungan keduanya cukup ‘ikrib’ alias cukup dekat atau … sangat dekat sekali?

Itulah fakta hubungan kedua klub, FC Barcelona dan AC Milan, kedekatan tersebut bisa kita lihat dari pertukaran atau jual beli pemain antara kedua klub selama ini.

Situs resmi FC Barcelona mencatat, total terdapat 16 nama pemain mereka yang pernah merumput bersama Azulgrana dan I Rossoneri. Itu berlaku untuk pemain yang pindah langsung dari AC Milan ke Barcelona atau sebaliknya.

Awal mula kisah dua sejoli dua klub Eropa ini dimulai oleh Michael Reiziger dan Christophe Dugarry, keduanya pindah dari AC Milan ke Barcelona pada 1997. Setahun kemudian, giliran Winston Bogarde dan Patrick Kluivert yang melakukan hal sama, dari Milan ke Barcelona. Francesco Coco menambah daftar tersebut ketika dipinjam Barcelona dari Milan pada 2001.

Kemudian tren pun berlanjut dan hubungan kedua klub ini semakin mesra, tahun 2002 tren mulai berubah. Diawali Rivaldo, lalu ada tiga pemain lain yang hengkang dari Barcelona menuju Milan, yaitu Ronaldinho (2008), Gianluca Zambrotta (2008), dan Zlatan Ibrahimovic (2010).

Selain beberapa nama pemain di atas, ada beberapa nama pemain lain yang bermain untuk kedua klub tersebut, meski sempat lebih dahulu berkiprah di klub lain di antara kariernya bersama Milan atau Barcelona.

Berbeda dengan Frank Rijkaard. Legenda sepakbola Belanda ini berkarier di AC Milan sebagai pemain pada 1988-1993, dan kemudian berada di Barcelona sebagai pelatih pada 2003-2008. Berikut beberapa pemain yang pernah membela Barcelona dan Milan.

Dari Milan ke Barcelona:
Michael Reiziger, Christophe Dugarry, Winston Bogarde, Patrick Kluivert, Francesco Coco

Dari Barcelona ke Milan:
Rivaldo, Ronaldinho, Gianluca Zambrotta, Zlatan Ibrahimovic

Sempat bermain di klub lain:
Ronaldo, Edgar Davids, Demetrio Albertini, Mark van Bommel, Maxi Lopez, Bojan Krkic

Di Milan sebagai pemain, di Barcelona sebagai pelatih:
Frank Rijkaard