Gara-gara masalah ini Spanyol terancam hukuman UEFA

10

Bahkan tim sekelas Spanyol saja masih bisa terancam hukuman denda dan mungkin juga pengurangan poin di babak kualifikasi Euro 2016 akibat ulah suporter mereka. Di laga vs Italia di Grup C, suporter tim Matador tertangkap basah mengejek-ejek pemain Italia Mario Balotelli yang kebetulan berkulit hitam dengan suara-suara monyet. Oleh UEFA itu dikategorikan sebagai tindakan rasis, […]

Liga Europa Liga Spanyol  - Gara-gara masalah ini Spanyol terancam hukuman UEFA

Bahkan tim sekelas Spanyol saja masih bisa terancam hukuman denda dan mungkin juga pengurangan poin di babak kualifikasi Euro 2016 akibat ulah suporter mereka.

Di laga vs Italia di Grup C, suporter tim Matador tertangkap basah mengejek-ejek pemain Italia Mario Balotelli yang kebetulan berkulit hitam dengan suara-suara monyet. Oleh UEFA itu dikategorikan sebagai tindakan rasis, sesuatu yang sedang diperjuangkan dengan keras guna memperlihatkan citra Eropa yang beradab dan sumber kebudayaan penting dunia dewasa ini.

UEFA mengatakan mereka membuka kasus disiplin terkait dengan tindak tanduk suporter yang kurang pantas (tindakan rasis, ucapan rasis) dari pihak Spanyol. UEFA juga mengatakan kemungkinan besar tim Spanyol akan dikenakan hukuman denda sejumlah uang.

Dalam kasus serupa terhadap Mario Balotelli yang dilakukan fans Kroasia, UEFA sudah menjatuhkan hukuman USD 100.000 atau mendekati Rp 1 milyar kepada timnas Kroasia.

Kasus lain yang hampir mirip menimpa timnas Rusia. Suporter mereka menyerang salah satu steward lapangan di laga vs Ceko 8 Juni lalu. Untuk aksi brutal ini Rusia terancam pengurangan angka minus 6 (-6) di babak kualifikasi Euro 2016 mendatang.

Fans Rusia juga dilaporkan melakukan tindakan dan ejekan rasis terhadap pemain Ceko berkulit hitam, Theodor Gebre Selassie.