Gawat! Ronaldo Bisa Kena Skorsing 12 Pertandingan!

3206

Ronaldo bisa dihukum berat setelah mendorong wasit dengan penuh amarah usai diusir pada kemenangan Real Madrid tadi malam.

Liga Spanyol  - Gawat! Ronaldo Bisa Kena Skorsing 12 Pertandingan!

Cristiano Ronaldo bisa terkena skorsing panjang setelah melampiaskan frustrasinya terhadap wasit dalam kemenangan Real Madrid di El Clasico, Senin dinihari.

Bintang Portugal itu bisa diskors sampai 12 pertandingan setelah wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea memasukkan pemain tengah Real Madrid itu ke dalam laporan pertandingannya.

Ronaldo melepaskan bajunya usai mencetak gol di menit 80 yang menyebabkannya mendapatkan kartu kuning pertamanya di leg pertama Piala Super Spanyol melawan Barcelona.

​Ronaldo kemudian ditunjukkan kartu kuning kedua karena dugaan diving di kotak penalti lawan beberapa menit kemudian, yang membuatnya kehilangan ketenangan untuk sesaat dan mendorong punggung wasit cukup keras.

Bengoetxea memasukkan insiden itu dalam laporan pertandingan pasca pertandingannya, menulis: “Pemain: Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro. Begitu kartu merah ditunjukkan, pemain tersebut mendorong saya sedikit sebagai pertanda ketidaksepakatan.”

Dorongan ke punggung sang pengadil tersebut bisa memicu larangan hingga 12 pertandingan berdasarkan Pasal 96 dari peraturan pemerintah federasi Spanyol, yang berkaitan dengan “Aksi kekerasan ringan terhadap wasit”.

Pasal 96 berlaku untuk pemain yang “mengambil, mendorong atau menggoyangkan” badan wasit dengan cara yang “sedikit kejam”, dan merekomendasikan penangguhan 4 sampai 12 pertandingan untuk tindakan tersebut.

Nasib Ronaldo sekarang berada di tangan komite kompetisi federasi Spanyol, yang akan memutuskan berapa skorsing yang harus dijalani pemain 32 tahun itu. Hukuman skorsing itu merupakan tambahan di luar larangan bertanding yang otomatis dikenakan padanya untuk kartu merahnya tersebut.

Jika Ronaldo mendapat larangan total lima pertandingan atau lebih, itu akan berlaku di semua laga sepak bola kompetisi Spanyol, termasuk La Liga. Penangguhan empat atau kurang pertandingan hanya akan berlaku untuk laga-laga Piala Super Spanyol, yang berarti baru dijalani pekan depan di leg kedua dan tahun depan, jika Real Madrid menjadi juara salah satu dari Copa del Rey atau Liga Spanyol.

Pertandingan El Clasico dalam rangka Supercopa de Espana tadi malam usai dengan skor 1-3 untuk kemenangan tim tamu, Los Blancos. Ketiga gol terjadi pada menit 50 melalui bunuh diri Gerard Pique, Ronaldo menit 80 dan Marco Asensio menit 90. Balasan satu-satunya Barcelona datang dari tendangan penalti Lionel Messi di menit 77.