Gibraltar Coba Masuk Keanggotaan FIFA Tahun 2015 Ini

Masih ingat Gibraltar? Negara mungil jajahan Inggris di wilayah Spanyol itu akan mencoba melamar kembali masuk keanggotaan FIFA tahun 2015 […]

Saking sempitnya Gibraltar, lapangan bola pun dibangun di bawah salah satu gunung karang

Masih ingat Gibraltar? Negara mungil jajahan Inggris di wilayah Spanyol itu akan mencoba melamar kembali masuk keanggotaan FIFA tahun 2015 ini agar bisa segera ikut kualifikasi Piala Dunia 2018.

Gibraltar merupakan anggota terbaru UEFA tahun 2013 dan peserta terbaru kompetisi Euro 2016.

Untuk itu Gibraltar akan pergi ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) Mei ini.

CAS mengatakan, banding Gibraltar akan didengar 21-22 Mei 2015, yang menantang penolakan FIFA untuk memberikan status anggota pada negara mungil itu. Sidang dijadwalkan berlangsung satu minggu sebelum Kongres FIFA yang akan menyetujui masuknya anggota-anggota baru.

Gibraltar mungkin saja diterima pada tanggal 29 Mei sebagai anggota ke-210 FIFA, untuk kemudian masuk dalam pengundian kualifikasi Piala Dunia pada tanggal 25 Juli di St. Petersburg, Rusia.

FIFA menolak aplikasi Gibraltar September 2014 lalu karena wilayah Inggris itu bukanlah sebuah negara merdeka seperti yang dipersyaratkan oleh undang-undang badan saat ini.

Aturan-aturan tersebut diperbaharui pada tahun 2013, dua bulan sebelum Gibraltar bergabung UEFA, meski pun mendapat tentangan sejak lama dari Spanyol.

Penerimaan Gibraltar akan menihilkan usaha-usaha Spanyol untuk menegakkan klaim atas wilayah kecil berpenduduk 29.000 orang tersebut.

Gibraltar

Selain itu, jika Gibraltar diterima maka ada kekuatiran bahwa 17 wilayah otonom lain di Spanyol, semisal Basque dan Catalonia (yang membawahkan antara lain kota Barcelona), keduanya di perbatasan dengan Prancis, akan mengirimkan lamaran keanggotaan serupa ke UEFA.

Pada sidang UEFA tahun 2007 ketika hanya tiga negara yang mendukung aplikasi Gibraltar, Spanyol mengancam akan menarik semua tim dari kompetisi UEFA jika Gibraltar sampai masuk.

Ancaman menarik mundur klub seperti Real Madrid dan Barcelona itu tidak pernah ditepati sampai dengan hari ini.

Sepakbola.cc