Guardiola: Barcelona akan lebih solid

  • Pelatih Pep Guardiola mengakhiri karirnya di Barcelona dengan mempersembahkan trofi Copa del Rey. Gelar tersebut diraih setelah Barcelona memukul Athletic Bilbao 3-0 di final, Sabtu (26/5) dinihari WIB. Itu adalah trofi ke 14 selama empat musim ia menukangi Los Blaugrana. Apakah kepergiaannya akan membuat performa Barcelona menurun? Ini jawaban Guardiola. Walau hanya berhasil meraih satu […]

Pelatih Pep Guardiola mengakhiri karirnya di Barcelona dengan mempersembahkan trofi Copa del Rey. Gelar tersebut diraih setelah Barcelona memukul Athletic Bilbao 3-0 di final, Sabtu (26/5) dinihari WIB. Itu adalah trofi ke 14 selama empat musim ia menukangi Los Blaugrana. Apakah kepergiaannya akan membuat performa Barcelona menurun? Ini jawaban Guardiola.

Walau hanya berhasil meraih satu trofi musim ini, kata dia, itu bukan berarti Barcelona mulai melemah. Sebaliknya menurut dia, pencapaian satu gelar ini justru akan membangkitkan semangat Barcelona untuk kembali tampil lebih solid dan tangguh di masa mendatang. Ia mengacu pada musim pertamanya empat tahun lalu. Tiga trofi langsung dimenangkan Barcelona setelah musim sebelumnya mereka jeblok di tangan Frank Rijkaard.

“Kami tumbuh berkembang secara taktis. Di musim pertama (empat musim lalu), benar-benar penuh semangat, dan murni energi kami. Musim ini lebih analitis. Saya yakin, seiring waktu tim akan menjadi jauh lebih baik, lebih solid dan lebih tangguh ke depan,” kata Guardiola saat menyampaikan pesan terakhirnya usai pertandingan melawan Bilbao kemarin.

Sementara Presiden Barcelona, Sandro Rosell, mengatakan dirinya yakin Tito Vilanova akan meneruskan sukses Pep Guardiola dengan meraih banyak kemenangan untuk El Barca.

“Sukses menjuarai Copa del Rey adalah akhir paling menyenangkan bagi seorang pelatih terbaik dalam sejarah Barcelona,” kata Rosell. “Tito Vilanova akan melanjutkan warisan sukses ini,” tambahnya.