Hasil Athletic Bilbao vs Barcelona Skor Akhir Copa del Rey 21/01/2016

Hasil Athletic Bilbao vs Barcelona — Tidak ada Lionel Messi, tidak ada Luis Suarez, tampaknya tak jadi masalah buat anak-anak Barcelona pada laga di San Mames Kamis dinihari WIB.

 

Hasil Athletic Bilbao vs Barcelona — Tidak ada Lionel Messi, tidak ada Luis Suarez, tampaknya tak jadi masalah buat anak-anak Barcelona pada laga di San Mames Kamis dinihari WIB.

Hingga akhir babak pertama skor sudah 0-2 untuk tim tamu Barcelona yang turun dengan seragam jersey berwarna biru muda, dan tuan rumah belang-belang putih merah. Gol pertama dicetak Munir El Haddadi menit 18 dan Neymar menit 26.

Gol pertama merupakan hasil kerjasama tim. Berawal dari tepi lapangan sebelah kanan, sebuah umpan dicongkelkan ke depan Ivan Rakitic, yang berlari cepat mendekati kotak penalti sebelum melepaskan umpan silang kuat ke depan gawang. Umpan itu disambar Munir sembari menjatuhkan dirinya dan sliding. 0-1 untuk Barcelona.

Sedangkan gol kedua terjadi hasil skill individu Neymar di sisi kiri kapangan. Ia membawa masuk bola ke daerah penalti, memaksa kiper Iago Herrerin untuk maju ke depan melakukan pencegatan bola, tapi bola melintir keluar dan Neymar pun berputar mengejar bola sebelum membelokkannya ke gawang yang terbuka kosong. 0-2 utuk Barcelona.

Pertandingan sebenarnya dimulai secara hebat untuk Athletic Bilbao dengan satu serangan cepat di menit pertama nyaris saja membahayakan gawang Barcelona setelah satu pemain berhasil lolos dari jebakan offside, namun tembakannya terlalu tergesa-gesa dan melayang ke atas mistar gawang.

Sepanjang 15 menit pertama pertandingan berjalan dalam tempo cepat, dengan Athletic Bilbao lebih banyak menguasai bola selama periode ini. Namun Barcelona cukup berhasil menangani pertahanan dengan kiper Ter Stegen nyaris tak berkeringat sepanjang 15 menit pertama. Setelah itu tempo permainan sedikit menurun, dan itulah saat ketika Barcelona mencetak gol pertamanya.

Secara umum permainan berjalan keras dengan banyak pelanggaran di sana sini, dan cukup menakjubkan bahwa wasit Jose Luis Gonzalez tidak mencabut kartu apa pun selama 38 menit pertama. Kartu kuning baru melayang di menit 39 dan tebaklah siapa yang menerimanya? Andres Iniesta, kapten Barcelona, untuk sikap ketidakpatuhan dan mempertanyakan keputusan wasit.

Mendekati akhir babak pertama, Athletic Bilbao meningkatkan tekanan dan mencatatkan setidaknya dua serangan berbahaya, di menit 38 dan menit 40. Menit 38 ketika bola liar sempat beberapa detik berputar-putar di tepi kotak penalti, sundul menyudul di antara pemain kedua tim. Menit 40 ketika satu serangan Bilbao nyaris sedikit saja melayang dia atas mistar gawang.

Satu serangan kilat Barcelona di menit 45 sebenarnya bisa berujung pada gol. Sayang Munir kalah cepat berlarinya dibandingkan pemain belakang Bilbao.

Babak kedua dimulai dengan serangan kedua pihak, tapi satu oleh Bilbao di menit 48 nyaris berbuahkan gol setelah permainan satu-dua membuat satu tembakan tipis saja di sisi kanan gawang Ter Stegen. Sampai menit 56 sudah 14 pelanggaran dilakukan oleh Bilbao, 9 oleh Barcelona.

Sepanjang awal babak kedua ini sudah ada tiga atau empat serangan berbahaya dilakukan oleh Bilbao, yang menekan untuk menciptakan gol. Neymar membalas dengan satu serangan di menit 60. Namun kedua belah pihak belum berhasil mengubah skor, masih 0-2 untuk Barcelona.

Aritz Aduriz lumayan bikin repot lini belakang Barcelona, bukan saja karena kemampuan posisionalnya tapi juga pergerakannya. Hampir setiap kali Bilbao menyerang, dia berhasil memposisikan dirinya secara tepat di area pertahanan Barcelona. Namun sayangnya belum berhasil mencetak gol.

Arda Turan ditarik keluar digantikan oleh Aleix Vidal menit 66. Tidak lama sesudah itu di dilanggar secara keras oleh pemain Bilbao, menghasilkan kartu merah ketiga untuk para pemain tuan rumah. Antara menit 54 sampai 66 sudah tiga kartu kuning dicabut oleh wasit Jose Luis Gonzales untuk Athletic Bilbao.

Barcelona tampak menurunkan tempo permainan dan mencoba memainkan bola selama mungkin di setengah lapangan mereka sendiri, tampaknya skor 0-2 sudah cukup bagi mereka untuk leg pertama ini. Masih ada leg kedua perempat final Copa del Rey di Camp Nou dalam waktu satu pekan lagi dari sekarang.

Menit 72 beberapa kesalahan dilakukan pemain Barcelona di lini belakang, mungkin gugup, mungkin sudah tidak sabar lagi untuk mengakhiri pertandingan selagi unggul. Athletic Bilbao masih terus mendominasi bola di babak kedua ini. Luis Enrique berusaha memecah momentum serangan Bilbao dengan melakukan pergantian pemain. Sergi Roberto keluar, Adriano masuk.

Dibandingkan babak pertama, belum terlihat ada serangan hebat Barcelona di babak kedua ini. Satu serangan di menit 74 dari Iniesta ke arah Neymar terlalu jauh dan terlalu kuat. Bola berhasil dikuasai tapi momentum serangan sudah terlanjur rusak. Gagal lagi dan skor masih 0-2. Sudah menit 76 dan sudah empat pemain Bilbao menerima kartu kuning.

Menit 78 dan sudah lima pemain Bilbao terkena kartu kuning. Yang terakhir Ander Iturraspe menyebabkan Neymar terbang. Giliran Bilbao melakukan serangan balik kilat berbahaya, Javier Mascherano melakukan pelanggaran kepada Aduriz. Kartu kuning untuk Mascherano. Pertandingan makin panas.

Menit 80 Sandro masuk, Munir keluar. BERBAHAYAAA! Menit 81 satu sepak pojok berhasil disundul tepat on target oleh Bilbao tapi ada Ter Stegen di sana yang refleksnya menyelamatkan gawang Barcelona. Semenit kemudian Williams terjatuh di kotak penalti tapi tayangan ulang memperlihatkan ia terpeleset bukan karena hadangan Mascherano. Willaims kelihatan sangat kesal di sini.

Selang dua menit sudah dua serangan Bilbao, salah satunya melalui Williams. Bola sampai harus dibuang keluar menit 84 oleh para pemain Barcelona guna menghentikan serangan. Menit 85 terjadi benturan kepala Willaims dan Adriano.

ADURIZZZ GOOOL menit 88. Akhirnya Bilbao berhasil juga membalaskan satu gol melalui satu sentuhan Aduriz setelah menerima satu umpan dari lapangan menyusul satu bola rebound. Skor 1-2. Gol kedua ini berawal dari satu pembersihan Barcelona yang tidak efektif dengan bola jatuh ke kaki pemain Bilbao. Semenit setelah itu satu serangan tuan rumah ditepis keluar oleh Ter Stegen, masih menyelamatkan gawang Barcelona sejauh ini.

PRRRRIT! Pertandingan berakhir.

Skor Akhir pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona : 1-2

Gol-gol: Munir El Haddadi 18′, Neymar 26′ Aduriz 88′ 

Susunan Pemain Athletic Bilbao vs Barcelona :

BILBAO: Herrerin; De Marcos, Etxeita, Laporte, Lekue; Benat, Iturraspe, Eraso; Susaeta, Aduriz, Williams

BARCELONA: Ter Stegen; Alves, Mascherano, Pique, Roberto; Busquets, Rakitic, Iniesta; Neymar, Munir, Turan

Sepakbola.cc