Hasil Piala Dunia, Australia vs Spanyol, Pembuktian Terakhir La Roja

  Laga hasil Piala Dunia, antara Australia vs Spanyol (23/06/2014) menjadi pembuktian terakhir La Roja. Meskipun sempat ditekan sejak awal babak pertama, namun Spanyol akhirnya sanggup menang telak atas Australia. Spanyol coba menguasai bola dari awal laga, namun Australia lebih berinisiatif menyerang. Sebagian besar penonton yang hadir terdengar lebih dominan menyoraki La Roja. Tanpa bintang […]

Liga Spanyol Piala Dunia  - Hasil Piala Dunia, Australia vs Spanyol, Pembuktian Terakhir La Roja

 

Laga hasil Piala Dunia, antara Australia vs Spanyol (23/06/2014) menjadi pembuktian terakhir La Roja. Meskipun sempat ditekan sejak awal babak pertama, namun Spanyol akhirnya sanggup menang telak atas Australia.

Spanyol coba menguasai bola dari awal laga, namun Australia lebih berinisiatif menyerang. Sebagian besar penonton yang hadir terdengar lebih dominan menyoraki La Roja.

Tanpa bintang andalan mereka, Tim Cahill, sangat berdampak pada ketajaman lini serang Australia. Namun pelatih Ange Postecoglu menyebut timnya akan mengandalkan kolektivitas.

Serangan Spanyol kerap kandas di awal laga. David Villa sudah masuk perangkap off side ketika mengejar umpan terobosan rekan setimnya di dekat kotak penalti Australia.

Para pemain berlaga dengan tanpa kecemasan masalah panas. Ya, Cuaca di Curitiba terbilang bersahabat. Suhu udara berada di kisaran 18-20 derajat Celcius. Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan di Manaus, di mana suhu udara di sana bisa mencapai 31 derajat Celcius.

Hingga menit ke 18′ Australia cenderung menguasai laga ditengah tekanan sorakan masyoritas suporter Spanyol. Spanyol mencoba mengimbangi dengan beberapa kali kesempatan yang gagal. Wilkinson dengan mudah mematikan pergerakan David Villa di sisi kiri kotak penalti.

David Villa sempat mendapatkan kesempatan bagus. Sepakan keras striker New York City FC itu melepaskan tendangan volley di dalam kotak penalti, namun bola masih melenceng ke sisi kiri gawang. Umpan matang disponsori oleh Iniesta, playmaker Barcelona FC yang bertanggung jawab atas kreativitas La Roja.

Hingga paruh pertengahan babak pertama, jual beli serangan Australia vs Spanyol masih dengan tempo cepat dan berbahaya. Torres sampai harus mengganti kostumnya yang sobek di bagian dada setelah terlibat duel sengit dengan Wilkinson.

Penguasaan bola Australia 41%-59% Spanyol. La Roja, seperti biasa, selalu menguasai jalannya pertandingan. Menit ke 36`Gol David Villa Sánchez memberikan angka 1-0 untuk Spanyol dan bertahan hingga akhir babak pertama.

Setiap kali Spanyol menguasai bola, sebagian besar penonton masih menyoraki mereka. Mayoritas penonton merupakan warga Brasil.

Masuk babak kedua, Postecoglou mulai membuat perubahan pada skuadnya. Taggart, yang di babak pertama tampil biasa, mulai digantikan Halloran. Australia masih mencoba menekan pertahanan Spanyol. Del Bosque belum merubah taktiknya.

David Villa digantikan Juan Mata. Ada perubahan taktik yang sempat diarahkan kepada Mata. Villa terlihat kecewa ditarik keluar. Bagi El Guaje ini adalah pertandingan terakhirnya bersama Spanyol di ajang internasional. mantan Barcelona itu terlihat menangis di bangku cadangan.

Menit 62`Ramos diganjar kartu kuning pertama dilaga ini oleh wasit setelah melanggar pemain Australia di tengah lapangan. Australia tidak memperdulikan tekanan suporter Spanyol.

Menit 69’ Fernando Torres menambah angka buat Spanyol, 2-0.

Juan Mata sukses memberikan 3-0 untuk Spanyol usai menerima umpan diagonal Fabregas di sisi kanan kotak penalti, winger Manchester United itu langsung menaklukkan Ryan melalui tendangan mendatar yang melewati sela-sela kaki sang kiper. Spanyol unggul telak 3-0 hingga akhir laga.

Spanyol akhirnya bisa mudik dengan kepala tegak. Walau harus angkat koper lebih awal, La Roja patut mendapatkan perhormatan setinggi-tingginya berkat prestasi gemilang mereka selama periode 2008-2012.

 

Susunan Pemain:

Australia: Ryan, Davidson, Spiranovic, Leckie, Taggart, Oar, Bozanic, Jedinak (c), McKay, McGowan, Wilkinson

Spanyol: Reina, Albiol, Juanfran, Iniesta, Villa, Torres, Alonso, Ramos (c), Koke, Alba, Cazorla

Sepakbola.cc