Ini alasan kenapa Ronaldo harus dijaga ketat

11

Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pemain paling berbahaya yang harus diwaspadai oleh Spanyol ketika mereka berhadapan dengan Portugal di babak semifinal Piala Eropa 2012, Kamis (28/6) dinihari WIB. Del Bosque meminta para pemainnya harus menempel ketat Ronaldo serta jangan memberinya ruang untuk berkreasi. “Jelas, Cristiano Ronaldo unik, tak ada pemain seperti […]

Liga Europa Liga Spanyol  - Ini alasan kenapa Ronaldo harus dijaga ketatPelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pemain paling berbahaya yang harus diwaspadai oleh Spanyol ketika mereka berhadapan dengan Portugal di babak semifinal Piala Eropa 2012, Kamis (28/6) dinihari WIB.

Del Bosque meminta para pemainnya harus menempel ketat Ronaldo serta jangan memberinya ruang untuk berkreasi.

“Jelas, Cristiano Ronaldo unik, tak ada pemain seperti dia,” ujar Del Bosque kepada stasiun radio Onda Cero. “Pemain kami harus menempel ketat dia. Jangan biarkan dia bebas. Beberapa pemain juga akan ditugaskan untuk merebut bola dari kakinya. Dia tak boleh mendapat ruang bebas,” tambahnya.

Del Bosque sadar betul, jika Ronaldo dibiarkan bergerak bebas, maka peluangnya untuk mencetak gol sulit dibendung. Ini bisa dilihat pada kinerjanya di Piala Eropa 2012 ini.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dirilis UEFA, sampai denganĀ  babak perempatfinal, Ronaldo telah melesakkan 29 kali tembakan dan 14 di antaranya tepat mengarah ke gawang. Tiga tembakan berbuah gol (dua ke gawang Belanda, dan satu ke gawang Ceko). Bahkan, pemain berusia 27 tahun itu mengalahkan rekor striker Rusia, Roman Pavlyuchenko, yang menorehkan total 28 tembakan pada Piala Eropa 2008.

Ronaldo menyumbangkan hampir setengah dari total 33 tembakan ke gawang yang dibuat Portugal. Sementara Spanyol sendiri hingga saat ini telah mengoleksi 40 tembakan ke gawang. Kedua tim hanya kalah dari Italia yang berada di posisi teratas statistik tersebut dengan torehan 50 tembakan.