Ini Dia Tim Promosi Baru La Liga Spanyol Musim Depan

1360

Musim depan, Liga Spanyol akan memiliki empat wakil dari daerah Basque setelah Alaves sukses mengalahkan Numancia, Minggu (29/5) kemarin.

Musim depan, Liga Spanyol akan memiliki empat wakil dari daerah Basque setelah Alaves sukses mengalahkan Numancia, Minggu (29/5) kemarin.

Alaves yang berada di posisi pertama klasemen Liga Segunda (kasta kedua) dengan raihan 74 poin, otomatis lolos promosi ke Liga Primera musim depan.

Sedangan di posisi kedua, ada Leganes dan Gimnastic yang hanya berselisih satu poin, 71 dan 70. Leganes yang berasal dari daerah Madrid, mengincar tiket promosi untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

Dalam aturan promosi Liga Adelante, dua tim teratas akan otomatis masuk ke Liga Primera, sementara posisi ketiga hingga posisi keenam akan melalui babak playoff untuk memperebutkan satu tiket. Rencananya, babak playoff akan dimainkan pada Juni nanti.

Saat ini Gimnastic, Real Zaragoza, Cordoba dan Girona berada di zona playoff. Sedangkan Osasuna dan Alcorcon bisa saja masuk ke babak playoff karena memiliki selisih dua poin dengan klub asal Katalunya, Girona.

Kesuksesan Alaves akan menemani tiga klub asal Basque lainnya yang sudah berada di Liga Primera, yaitu Eibar, Athletic Bilbao dan Real Sociedad.

Bagi Deportivo Alaves, terakhir kalinya klub berjulukan babazorros bermain di kasta tertinggi adalah pada musim 2005/06. Sayangnya, mereka hanya satu musim saja di Liga Primera.

Meski begitu, mereka pernah mengalami era keemasan kala lolos ke final Piala Uefa atau yang sekarang disebut Liga Europa pada musim 2000/01, karena di musim sebelumnya mereka berada di peringkat keenam klasemen Liga Spanyol. Itu sebabnya mereka dijuluki El Glorioso atau yang berarti yang agung.

Di final, mereka harus takluk dari Liverpool FC melalui babak tambahan waktu setelah bemain imbang 4-4. Gol kemenangan Liverpool, terjadi karena gol bunuh diri salah satu pemain Alaves, Delfi Geli.

Laga tersebut adalah pertandingan final Eropa pertama bagi Alaves. Bagi Liverpool,pertandingan itu adalah laga pertama usai dihukum larangan bertanding di pentas Eropa pasca tragedi Heysel.