Jika Menang, Barcelona Bisa Menjauh 11 Poin

13

Skuad asuhan Luis Enrique bisa menjauh 11 poin dari urutan kedua, Atletico Madrid, jika menang di Villarreal Minggu malam WIB ini (kick off jam 22.00 WIB).

 

Barcelona bisa menjauh 11 poin dari urutan kedua, Atletico Madrid, jika menang di Villarreal Minggu malam WIB ini (kick off jam 22.00 WIB).

Kekalahan Atletico pada hari Sabtu memberi makna baru pada pertandingan di Stadion El Madrigal, karena bisa membuka perbedaan menjadi sebanyak sebelas poin di puncak klasemen Liga Spanyol. Pemimpin liga FC Barcelona menghadapi laga tandang sulit untuk urutan keempat Villarreal pada hari Minggu ini, yang merupakan pertandingan terakhir sebelum jeda internasional, di mana setelah itu El Clásico di kandang melawan Real Madrid sudah menanti.

Permainan ini datang sehari setelah rival utama Barcelona dalam mengejar gelar Liga, Atletico Madrid, kalah 2-1 di Sporting Gijon, yang berarti bahwa perbedaan di klasemen bisa membentang sampai sebesar sebelas poin dengan kemenangan di El Madrigal.

Manajer Barcelona Luis Enrique telah memutuskan untuk tidak menyertakan dari Joel Masip, Thomas Vermaelen, Douglas atau Rafinha di timnya. Nama yang terakhir itu ditinggalkan meskipun dinyatakan fit pekan ini setelah absen selama enam bulan. Andrés Iniesta, karena kekhawatiran kebugaran, dan Sandro yang cedera, juga melewatkan pertandingan Minggu malam WIB ini.

Daftar lengkap skuad yang dibawa ke El Madrigal adalah sebagai berikut: Ter Stegen, Bravo, Pique, Rakitic, Sergio, Alves, Arda, Suárez, Messi, Neymar Jr, Mascherano, Bartra, Munir, Jordi Alba, Sergi Roberto, Adriano, Aleix Vidal dan Mathieu. Roberto Soldado kembali di Starting XI untuk laga di Villarreal setelah absen di pertandingan Sevilla akhir pekan lalu melalui suspensi.

Berbicara sehari sebelum pertandingan, Luis Enrique mengatakan bahwa “Kami hanya memikirkan satu demi satu dan melihat apa yang terjadi. Jadi hal pertama yang kami harus pikirkan sekarang adalah Villarreal. Kami harus pulang dari El Madrigal dengan tiga poin … Tapi mereka adalah salah satu tim terbaik di liga. Mereka bekerja sama dalam cara yang sangat klinis dan memiliki pertahanan yang sempurna.”

Manajer Villarreal Marcelino setuju bahwa timnya mampu membuat kesulitan bagi Barcelona. “Kami akan bermain sampai mati,” ia menegaskan. “Tidak ada yang bisa meragukan kami.”

Sulit untuk menemukan tim dalam sejarah sepak bola yang menjalani bentuk yang sangat kuat seperti Barca sekarang ini. Mereka kini menjalani laga beruntun tak terkalahkan, yang merupakan rekor Spanyol sebanyak 38 pertandingan.

Dengan hanya satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka, performa liga Villarreal telah merosot sedikit terlambat. Mereka masih menduduki urutan keempat dalam klasemen dan karenanya di jalur yang baik untuk mendapatkan tempat di Liga Champions, tapi kekalahan 4-2 terhadap rival Sevilla pekan lalu menyempitkan selisih mereka berdua menjadi lima poin saja. Sevilla kini menunggu di urutan kelima klasemen liga dengan poin 48.

Belum lama lalu, El Madrigal selalu menjadi tempat di mana Barca punya kebiasaan membuang-buang poin, namun tren tersebut telah berbalik di musim terakhir. The Catalans telah memenangkan lima dari enam laga tandang terakhir mereka ke Villarreal (ada imbang 0-0 pada tahun 2012) dan juga menang 3-1 di ajang Copa del Rey musim lalu. Ketika pihak bertemu di Camp Nou awal musim ini, Barca menang 3-0 dengan dua gol dari Neymar sebelum dan sesudah penalti Luis Suárez.