Joan Laporta Minta Pelatih Baru Barcelona Pewaris Johan Cruyff

Sepakbola – Joan Laporta minta pelatih baru Barcelona sebaiknya pewaris sosok Johan Cruyff. Ia tak lupa menjelaskan maksud dari permintaan seperti itu.

Joan Laporta

Gilabola.com –¬†Joan Laporta minta pelatih baru Barcelona sebaiknya pewaris sosok Johan Cruyff. Ia tak lupa menjelaskan maksud dari permintaan seperti itu.

Joan Laporta yakin kesuksesan FC Barcelona akan bisa terwujud jika sang pelatih menerapkan filosofi Johan Cruyff.

Oleh karenanya, Laporta meminta direksi klub untuk menunjuk seseorang yang kenal baik dengan filosofi Cruyff ketika menggantikan Luis Enrique.

Seperti diketahui, Enrique memutuskan untuk tidak meneken kontrak baru bersama klub asal Katalunya itu, yang akan habis pada musim panas nanti.

Beragam nama muncul di media-media sebagai kandidat pelatih di musim depan, dimana kebanyakan merupakan mantan pemain Barca di bawah asuhan Cruyff, seperti Ronald Koeman, Ernesto Valverde, Eusebio Sacristan, hingga Jorge Sampaoli yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Barca sejak dahulu.

Keinginan Laporta itu ditenggarai kesuksesan yang pernah diberikan eks pesepak bola asal Belanda itu, baik sebagai pemain dan pelatih, dan juga Josep Guardiola dan Tito Vilanova yang nota bene mantan anak asuh Cruyff.

Bukan hanya memberikan raihan Piala European (Liga Champions) pertama, Cruyff pun mengubah kebijakan-kebijakan akademi La Masia sehingga bisa melahirkan pemain seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Lionel Messi, Sergi Roberto dan lainnya.

Bahkan atas warisan yang diberikan pria yang telah wafat karena kanker, 2016 lalu itu, Laporta berharap nama Cruyff dipergunakan sebagai nama stadion yang baru.

“Cruyff merupakan orang terpenting dalam perjalanan sejarah Barcelona,” ujar Laporta pada Marca.

Klub seharusnya mengubah nama Camp Nou sebagai bentuk penghormatan. Johan adalah inspirasi, dan murid-muridnya menyempurnakan idenya.”

“Pelatih Barcelona selanjutnya harus mengikuti jejak Cruyff.”

“Saya memilih [Frank] Rijkaard, Txiki Begiristain dan Pep Guardiola karena Johan menyarankannya kepada saya.”

“Barcelona telah dikenal, dicintai dan dikagumi atas kehebatan sepak bolanya yang muncul karena peran Cruyff.”

Sepakbola.cc