Kasus Transfer Neymar Disidangkan, Ini Alasannya

Seperti telah diberitakan oleh gilabola sebelumnya, kisruh soal nilai transfer Neymar ke Barcelona akhirnya berbuntut ke meja pengadilan. Pablo Ruz, hakim yang kini menangani pengaduan yang diajukan oleh Jordi Casas, akhirnya menyetujui untuk menyidangkan soal kasus transfer Neymar. Casas adalah socios Barca yang mencurigai adanya penyelewengan dana dalam proses transfer Neymar. Socios (adalah kata jamak dari soci: member) adalah […]

Liga Spanyol  - Kasus Transfer Neymar Disidangkan, Ini AlasannyaSeperti telah diberitakan oleh gilabola sebelumnya, kisruh soal nilai transfer Neymar ke Barcelona akhirnya berbuntut ke meja pengadilan. Pablo Ruz, hakim yang kini menangani pengaduan yang diajukan oleh Jordi Casas, akhirnya menyetujui untuk menyidangkan soal kasus transfer Neymar. Casas adalah socios Barca yang mencurigai adanya penyelewengan dana dalam proses transfer Neymar.

Socios (adalah kata jamak dari soci: member) adalah sekumpulan member FC Barcelona yang memiliki suara di rapat tahunan klub. Sama seperti MPR di negara kita, socios memiliki tugas: memilih presiden, meminta pertanggungjawaban presiden incumbent, menyetujui rencana finansial klub dan menyutujui kebijakan-kebijakan presiden. Jika sang presiden tidak bisa meyakinkan socios, maka socios memiliki hak untuk memberhentikan presiden namun dengan persyaratan tertentu. Seperti anggota MPR, soci adalah perwakilan dari tiap penya (komunitas fans).

Barcelona FC mengaku menggelontorkan dana sebesar 57,1 juta euro untuk membeli Neymar pada musim panas lalu dari Santos. Namun Barca menolak membeberkan dengan gamblang mengalir ke mana uang tersebut, mereka menggunakan alasan klausul kerahasiaan dalam kontrak Neymar.

Barca membayar 17,1 juta euro kepada Santos dan pemilik Neymar yang lain. Nah, sisanya ini nih yang dirahasiakan oleh pihak manajemen Barca,  ada dugaan dana sisa tersebut dibayarkan ke perusahaan milik Neymar dan ayahnya, N&N. Belum diketahui untuk apa pembayaran dilakukan menggunakan cara tersebut.

Lain lagi dengan laporan yang dibuat oleh El Mundo, mereka mengabarkan bahwa Barca mengeluarkan dana total 95 juta euro untuk memboyong Neymar. Meski masih rumor, namun laporan ini memiliki beberapa bukti yang akurat.

Alhasil, Hakim Ruz merasa bukti untuk memanggil Sandro Rosell sudah cukup dalam kasus ini. Rosell bakal kena tuduhan penipuan kontrak. Ada indikasi bahwa Rosell dan para petinggi manajemen Barca yang lain melakukan kebohongan publik soal harga transfer Neymar.

Lalu mengapa nilai transfer harus terbuka? Pembohongan terhadap nilai transfer atau apapun itu, pasti akan menjadi masalah. Hal ini karena Barcelona FC adalah klub yang dimiliki para socios. Semua kebijakan dan setiap uang yang dikeluarkan harus dilaporkan secara terbuka kepada semua anggota Barca. Seperti laporan tahunan pemegang saham dalam sebuah perusahaan.