Legenda Dortmund Sebut Ousmane Dembele Kekanak-Kanakan

  • Legenda Borussia Dortmund Karl-Heinz Riedle mengkritik sikap Ousmane Dembele pada bursa transfer lalu. Ia bahkan seharusnya dapat hukuman.

Ousmane Dembele

Karl-Heinz Riedle menyebut upaya Ousmane Dembele untuk pindah dari Borussia Dortmund ke FC Barcelona sebagai sikap kekanak-kanakan.

Pria asal Perancis itu resmi hijrah ke Camp Nou pasda Agustus lalu dengan total banderol senilai Rp2,3 triliun dan menjadikannya sebagai pesepak bola termahal kedua setelah Neymar.

Awalnya Dembele meminta rekan satu timnya, Pierre-Emerick Aubameyang untuk tetap berada di Signal Iduna Park dan Ia sendiri menyatakan komitmen untuk tetap tinggal. Namun ketika tawaran dari Blaugrana tiba, Dembele langsung menolak untuk berlatih di skuat Peter Bosz.

Bagi Karl-Heinz Riedle, sikap Ousmane Dembele itu tidak pantas ditiru dan sudah selayaknya diberikan hukuman oleh klub agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa mendatang.

“[Dia telah memberikan] dampak yang luar biasa. Kami sadar sulitnya mempertahankan Dembele, [tapi] dia ingin bermain untuk Barcelona,” ujar Riedle pada Omnisport.

“Saya tidak suka bagaimana semuanya berjalan waktu itu. Tekanan yang Ia berikan sangat kekanak-kanakan. Dia seharusnya diberikan hukuman keras karena melakukan hal tersebut [menolak berlatih].”

Di saat Ousmane Dembele hengkang ke Spanyol, Pierre-Emerick Aubameyang tetap tinggal di Borussia Dortmund hingga penutupan bursa transfer musim panas.

Padahal sebelumnya Ia diyakini ingin hengkang ke Real Madrid demi mewujudkan janjinya terhadap sang kakek.

Akan tetapi ketika tenggat waktu transfer berakhir, Aubameyang malah menyatakan kesetiannya terhadap Dortmund dan mengaku telah menolak banyak tawaran bermain dari klub-klub top Eropa lainnya.

Tidak salah jika kemudian Karl-Heinz Riedle menyebut Pierre-Emerick Aubameyang sebagai calon legenda Der BVB.

“Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi dengan Aubameyang [di masa depan]. Mungkin dia akan tetap tinggal di Dortmund selamanya.”