Liga Spanyol Gunakan Teknologi VAR Musim Depan

Javier Tebas telah memastikan penggunaan teknologi VAR di Liga Spanyol musim depan. Bukan tanpa alasan sama sekali.

Javier Tebas

La Liga alias Liga Spanyol dipastikan siap menggunakan video assistant referee (VAR) mulai musim depan. Hal itu setidaknya menurut presiden kompetisi tertinggi Spanyol, siapa lagi kalau bukan Javier Tebas.

Serie A dan Bundesliga sendiri sudah mulai menggunakan sistem tersebut musim ini, hingga wasit bisa dengan asyik menggunakannya untuk cek ulang tayangan sebuah insiden sebelum mereka mengambil keputusan. La Liga jelas ketinggalan kereta.

Meski memudahkan, namun sistem tersebut tetap memiliki kelemahan yang perlu diperbaiki. Project Manager VAR di Bundesliga belum lama ini bahkan sampai dipecat karena tuduhan penyalahgunaan jabatan untuk memanipulasi hasil laga.

Sudah mengetahui masalah tersebut, kompetisi Spanyol tetap akan mengadopsi penerapan VAR (video assistant referee) mulai musim kompetisi mendatang. Javier Tebas tak sabar lagi untuk menjajal teknologi tersebut dan melihat bagaimana hasilnya jika digunakan di Liga Spanyol.

“Musim depan dipastikan akan ada VAR di La Liga dan ini sudah pasti,” tegas Javier Tebas, yang dulu sempat tak setuju dan menentang penggunaan rekaman video di sepakbola, sesuai rilis FFT.

Dikabarkan jika pengujian VAR di Spanyol nantinya akan dimulai pada pertandingan leg kedua Copa del Rey antara kubu Atletico Madrid dan Elche di Metropolitano tanggal 29 November. Menarik untuk menunggu bagaimana tingkat efektifitasnya di sana. Apakah Indonesia tertarik juga untuk gunakan teknologi ini?

Sepakbola.cc