Messi dan Ronaldo Punahkan Striker Murni, kata Legenda Cile

105

Keberadaan seorang striker murni di era sepak bola modern seakan tenggelam oleh kemilau penampilan dua mega bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kini predikat pencetak gol terbanyak bukan lagi milik para striker murni.

 

Keberadaan seorang striker murni di era sepak bola modern seakan tenggelam oleh kemilau penampilan dua mega bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kini predikat pencetak gol terbanyak bukan lagi milik para striker murni.

Pendapat itu disampaikan oleh legenda sepakbola Cile, Ivan Zamorano. Mantan bintang Inter Milan itu menilai perkembangan sepakbola modern secara perlahan telah memunahkan posisi striker murni. Menurutnya, makin lama para pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak justru bukan berasal dari mereka yang bermain sebagai juru gedor utama.

“Mengingat posisi penyerang tengah mulai punah saat ini, para pencetak gol terbanyak kini bukan lagi seorang striker murni,” kata Zamorano pada Tiempo.

“Cristiano Ronaldo bukan striker, begitu pula dengan Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic. Masa-masa hebat terjadi di mana kita bisa melihat aksi pemain seperti Gabriel Batistuta (AS Roma), Hernan Crespo (Lazio), dan Marcelo Salas (Lazio). Hari ini, hanya sedikit pemain yang bisa seperti itu. Mereka semua beradaptasi dengan sepakbola modern,” tambahnya.

Zamorano sendiri sempat mencapai era keemasannya sebagai striker murni kala ia membela Real Madrid dan Inter Milan. Selama memperkuat Madrid pada 1992-96, Zamorano mencetak 77 gol. Bersama Inter Milan 1996-2000, dia mencetak 27 gol.

Sementara itu, bintang Bayern Munchen, Thiago Alcantara memberikan penilaian yang berbeda antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Menurutnya, Messi adalah sosok yang amat kompetitif dan selalu memberikan yang terbaik di setiap kesempatan ia menguasai bola.

“Messi ada di atas semua pemain yang pernah saya saksikan di sepanjang hidup saya. Memang benar di sana sekarang ada Neymar. Semua pemain bisa mengalami momen bagus dalam karir mereka. Namun saya kira Messi lebih baik dari Cristiano Ronaldo,” tutur Thiago pada Globoesporte.

“Messi bagaikan seekor binatang buas. Ia amat kompetitif, selalu ingin menang. Itu adalah hal yang sederhana, namun ia melakukannya dengan cara terbaik. Ia amat cepat, dan juga sigap dalam memberikan reaksi. Skill motoriknya benar-benar superior dibandingkan pemain lainnya,” tambahnya.