Lionel Messi Ternyata Punya Pabrik Batu

18

Lionel Messi ternyata memiliki “pabrik” batu di dalam tubuhnya, kata seorang dokter spesialis yang merawatnya, membocorkan rahasia medis pasien, yang seharusnya dijaganya rapat-rapat.

 

Lionel Messi ternyata memiliki “pabrik” batu di dalam tubuhnya, kata seorang dokter spesialis yang merawatnya, membocorkan rahasia medis pasien, yang seharusnya dijaganya rapat-rapat.

Menurut rahasia yang dibocorkan oleh dokter spesialis itu, striker Barcelona Lionel Messi bermain tiga pertandingan sambil menahan sakit karena membawa batu dalam ginjalnya di pertengahan musim ini.

Pada bulan Desember 2015, Messi absen dari laga kemenangan di semifinal Piala Dunia Klub atas Guangzhou Evergrande karena menderita kolik ginjal, rasa sakit luar biasa di bagian pinggang menjalar sampai ke perut yang biasa disebabkan oleh batu ginjal, namun ia sudah kembali saat mencatatkan kemenangan 3-0 atas River Plate di final.

Usai turnamen Piala Dunia Klub, Messi mencetak 12 gol dalam 11 pertandingan untuk Barcelona di semua kompetisi sebelum menjalani pengobatan bulan lalu, namun Dr Francisco Ruiz Marcellan, kepala urologi di Instituto Dexeus, kota Barcelona, mengatakan si pemain Argentina itu terus turun bermain sembari menerima obat penghalang sakit pada tiga dari 11 pertandingan tersebut.

“Leo Messi memainkan tiga game dengan batu di ginjalnya,” kata Ruiz Marcellan pada Program Catalan TV3 Divendres. “Ia bermain dengan zat penenang karena batunya belum bisa keluar.”

Messi kemudian menjalani prosedur pada 9 Februari dan melewatkan dua hari pelatihan pada awal Februari, juga absen dalam laga semifinal Copa del Rey leg kedua melawan Valencia.

Akhir pekan berikutnya ia mencetak satu gol dan memberi assist dua gol lainnya dalam kemenangan 6-1 atas Celta Vigo di Camp Nou.

Sementara Barcelona tidak pernah mengkonfirmasi apa yang sebenarnya terjadi selama pengobatan Lionel Messi di awal Februari, koran Mundo Deportivo melaporkan bahwa itu melibatkan prosedur bernama extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) – penembakan dan penghancuran batu ginjal dengan menggunakan gelombang intensitas tinggi.

Dokter memperingatkan bahwa masalah batu ginjal bisa dengan mudah kembali untuk Messi di masa depan. “Dengan kecenderungan genetik yang dideritanya, sangat mudah baginya untuk memiliki antara dua sampai delapan batu di ginjalnya sampai ia berusia 50 tahun,” kata Ruiz Marcellan.

Batu ginjal didapat dengan mudah melalui konsumsi purin tinggi seperti yang didapat dari daging-dagingan merah, seafood, dan beberapa jenis sayuran seperti bayam dan juga cemilan emping.