Man United Bikin Samuel Umtiti Minta Gaji Selangit

Samuel Umtiti minta kenaikan gaji yang cukup mencengangkan setelah Manchester United datang dan sodorkan tawaran menggiurkan, Januari lalu.
Samuel Umtiti minta kenaikan gaji yang cukup mencengangkan setelah Manchester United datang dan sodorkan tawaran menggiurkan, Januari lalu.

Gilabola.com – Barcelona tengah bicarakan perpanjangan kontrak Samuel Umtiti yang sebenarnya baru akan berakhir pada 2021 mendatang, setelah Manchester United datang pada bursa transfer Januari lalu.

Melalui agennya, Umtiti telah katakan keinginannya untuk tanda tangani kontrak selama lima musim lebih lama. Masalah yang bikin penasaran adalah, Barca ingin pemain asal Prancis itu teken kontrak baru di sisa musim ini, dan bukannya di musim panas mendatang, walau ia masih punya sisa kontrak dua setengah tahun lagi.

Alasan Barca jelas, saat ini banyak klub besar yang menanti jasa Umtiti, dan ia hanya punya klausul pelepasan sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp1,01 triliun.

Umtiti datang ke Camp Nou dari Lyon pada 2016 silam, dan langsung mendapat tempat di tim inti Barca secara reguler sejak saat itu sampai saat ini. Umtiti bahkan menjadi salah satu yang terbaik di antara bek terbaik di Eropa, dan punya masa depan yang cerah.

Advertisement

Pada musim dingin tahun ini, bek berusia 24 tahun itu mendapat tawaran dari Manchester United, yang bersedia membayar klausul pelepasannya dan beri kesepakatan yang jauh lebih baik dibandingkan apa yang didapatnya di Barca.

Para pengurus Barcelona telah bicara padanya agar abaikan tawaran tersebut. Umtiti pun setuju, dan membuata Jose Mourinho ngomel. Pelatih asal Portugal itu tak masalah jika harus membayar klausul Umtiti, mengingat City berhasil dapatkan bek tangguh, Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao dan Liverpool datangkan bek papan atas, Virgil van Dijk, yang tentunya dengan harga selangit.

Namun, Umtiti malah ingin teken kesepakatan baru di Barcelona yang berlaku sampai 2023/24 mendatang, di mana saat itu dia akan berusia 29 tahun.

Saat ini, perpanjangan kontraknya memiliki dua aspek. Yakni, Barca ingin mengambil langkah pasti lebih dulu, sebelum Umtiti tampil sebagai starter andalan Timnas Prancis di Piala Dunia Rusia musim panas mendatang, dan dilirik lebih banyak tim papan atas.

Dengan adanya kesepakatan baru sebelum musim panas, baik Barca maupun Umtiti tentunya bisa tenang, walau ia kemungkinan tak akan tanda tangani apapun sampai awal musim depan.

Aspek penting yang kedua, adalah masalah gaji yang ditawarkan Manchester United kepada Umtiti, yang sebesar lima juta hingga enam juta euro (sekitar Rp84,3 miliar hingga Rp101 miliar) bersih per tahun.

Barcelona tentunya ingin memberinya kenaikan gaji. Tapi, tuntutan Umtiti kemudian jadi meningkat karena adanya tawaran yang diajukan United dan itu cukup menggiurkan bagi pemain tersebut.