Pelatih Spanyol Enggan Salahkan Iker Casillas

14

Vicente del Bosque menolak untuk menyalahkan kapten Iker Casillas untuk kekalahan mengejutkan Spanyol 2-1 vs Slovakia di kualifikasi Euro 2016. Juara bertahan Eropa itu tertinggal di menit ke-17 di bentrokan Grup C, Kamis, di Zilina ketika Casillas terkecoh dengan satu bola hasil tendangan jarak jauh Juraj Kucka oleh yang terlihat sebenarnya bisa diselamatkan dengan mudah. Pemain […]

Liga Spanyol Piala Eropa  - Pelatih Spanyol Enggan Salahkan Iker Casillas

Vicente del Bosque menolak untuk menyalahkan kapten Iker Casillas untuk kekalahan mengejutkan Spanyol 2-1 vs Slovakia di kualifikasi Euro 2016.

Juara bertahan Eropa itu tertinggal di menit ke-17 di bentrokan Grup C, Kamis, di Zilina ketika Casillas terkecoh dengan satu bola hasil tendangan jarak jauh Juraj Kucka oleh yang terlihat sebenarnya bisa diselamatkan dengan mudah.

Pemain pengganti Paco Alcacer dengan gol internasional keduanya dalam tiga penampilan tim senior, mengira ia telah menyelamatkan Spanyol dengan setidaknya hasil draw. Namun di menit 87, Miroslav Stoch membuat Spanyol mencicipi pil pahit untuk kekalahan kualifikasi pertama mereka untuk turnamen apa pun sejak Oktober 2006.

Salah penilaian yang dilakukan Casillas adalah yang terbaru dalam masa sulit 2014, yang mencakup juga serangkaian kesalahan menyedihkan saat turnamen Piala Dunia 2014.

Pelatih Del Bosque telah menerima beberapa seruan untuk mencoret kiper Casillas dan menggantinya dengan David de Gea, kiper yang sudah tampil mengesankan untuk Manchester United .

Del Bosque memilih untuk tidak secara terbuka mengkritik kiper Real Madrid itu, namun menyatakan bahwa sepak bola seringkali memberi hasil yang mengejutkan.

“Casillas telah menyelamatkan peluang bagus dari Slovakia sebelumnya,” katanya kepada wartawan. “Saya tidak melihatnya dengan jelas namun bola bergerak secara aneh dan mengecoh Iker.”

“Ini adalah sepakbola. Kita tidak bisa menyalahkan pemain. Kami menunjukkan kesabaran untuk mengarahkan bola tetapi tidak memiliki akurasi dan kiper mereka bermain bagus.”

“Tak seorang pun suka kekalahan tapi tak seorang pun bisa mengatakan kami tidak memiliki usaha atau sikap. Kami kehilangan karena situasi yang terjadi di sepakbola.”

Del Bosque juga membela striker Diego Costa, yang kini telah gagal mencetak gol dalam enam penampilan untuk Spanyol sejak beralih kesetiaan dari negara kelahirannya Brasil.

Dia menambahkan: “Costa (bermain) sangat antusias dan terus berusaha.”

“Kami senang dengan penampilannya dan juga komitmennya.”