Petikan Wawancara Lionel Messi Kepada FIFA

7

Walaupun tidak mendapatkan Ballon d’Or kembali, kini Lionel Messi sudah kembali. Puas dengan hantaman cedera pada 2013, Messi siap menunjukkan sihirnya lagi di lapangan mulai 2014 ini. Messi jelaskan semua itu dalam wawancara dengan FIFA.com. Messi mengungkapkan beratnya masa-masa yang ia lalui selama dua bulan pada akhir 2013. Messi juga menyatakan ambisinya untuk menjadi juara […]

Petikan Wawancara Lionel Messi Kepada FIFA - berita Liga Spanyol Xtra Time

Walaupun tidak mendapatkan Ballon d’Or kembali, kini Lionel Messi sudah kembali. Puas dengan hantaman cedera pada 2013, Messi siap menunjukkan sihirnya lagi di lapangan mulai 2014 ini. Messi jelaskan semua itu dalam wawancara dengan FIFA.com.

Messi mengungkapkan beratnya masa-masa yang ia lalui selama dua bulan pada akhir 2013. Messi juga menyatakan ambisinya untuk menjadi juara Piala Dunia Brasil mendatang.

Berikut kami sajikan kembali beberapa petikan wawancara Messi dengan FIFA.com.

 

Pengalaman di Tahun 2013

FIFA: Tahun 2013 merupakan tahun yang naik-turun buat kamu. Sisi baiknya, kamu berhasil mendapatkan La Liga dan Argentina lolos ke Brasil 2014. Sisi negatifnya, kamu mengalami cedera yang cukup mengganggu. Setuju?

Messi: Benar sekali, 2013 adalah tahun yang aneh. Saya tidak berada dalam kondisi 100 persen dalam hal kebugaran – terutama dalam semifinal Liga Champions. Saya juga melewatkan sebagian besar awal musim ini. Bisa dikatakan bahwa cedera memang sisi negatif tahun 2013 bagi saya.

 

Alasan Messi ke Argentina

FIFA: Para pelatih yang bekerja denganmu setuju akan dua hal: Yang pertama adalah betapa berbakatnya dirimu dan yang kedua adalah kamu sangat benci jika tak bisa bermain. Bagaimana kamu melewati berminggu-minggu hanya bisa melihat saja?

Messi: Jujur saja, sangat berat. Tapi fakta bahwa saya pergi ke Argentina dan menjauhkan diri dari ruang ganti dan semua hiruk pikuk media membuatnya lebih mudah dijalani.

Selain sisi buruk itu, dua bulan ketika saya tidak bisa bermain memberi hasil bagus secara fisik. Saya mencoba melihat sisi positif dari semua itu.

 

Pulang Kampung

FIFA: Satu lagi; ketika punya kesempatan, kamu segera pulang ke Rosario. Memangnya apa yang paling kamu rindukan dari kampung halamanmu itu?

Messi: Semuanya! teman-teman dan keluarga saya. Hanya berada di sana saja sudah membuat saya merasa senang. Saya menikmati keberadaan saya di sana, terutama jika saya sudah lama tak berkunjung.

 

Pengalaman Dikerubungi Fans

FIFA: Apakah di Rosario kamu bisa berjalan tanpa dikerubungi fans?

Messi: Ya, seperti di Barcelona. (Messi lalu tersenyum). Tidak, tidak.. Saya biasanya pergi dari rumah ke rumah – dari teman-teman dan keluarga saya. Saya jarang keluar ke jalanan.

 

Nervous Melihat Barca di Televisi

FIFA: Bagaimana rasanya menyaksikan pertandingan Barcelona di TV? Apakah kamu menjadi lebih nervous dari biasanya?

Messi: Ya, tentu saja. Saya jauh lebih nervous ketika menyaksikan di televisi ketimbang bermain di lapangan. Fakta bahwa saya hanya bisa melihat dan tidak berada di lapangan untuk membantu tim membuat segalanya menjadi lebih rumit.

 

Keresahan atas Cedera Messi

FIFA: Apakah kamu bisa merasakan bahwa banyak orang yang merasa sedikit resah terkait kondisimu? Ini adalah tahun Piala Dunia.

Messi: Tidak. Jujur saja saya merasa rileks meski jauh dari Predio de Ezeiza (markas latihan timnas Argentina). lalu saya pulang ke Rosario dan berlatih seperti biasa, semuanya berjalan baik.

Dalam hal fisik dan mental, saya akan berada dalam kondisi terbaik dalam enam bulan ke depan. Saya rasa pemulihan cedera saya di Argentina berjalan dengan baik. Meski saya tetap menjalin kontak dengan banyak orang, saya tetap fokus pada recovery saya.

Saya bahkan sempat tidur di Predio. Rasanya seperti dipanggil ke skuat timnas saja. Saya hanya memikirkan satu hal di kepala saya (recovery).

 

Messi Juga Resah

FIFA: Tapi apakah kamu sama sekali tidak resah? Tahun Piala Dunia selalu spesial bukan?

Messi: Ya tentu saja. Meski masih ada waktu beberapa bulan dan terlihat masih lama, Piala Dunia akan datang secara tak terasa.

Tapi kami semua memiliki banyak sekali tantangan sebelum Piala Dunia. Masih ada Liga Champions, la Liga dan Copa del Rey. Kami akan menjalaninya satu per satu saja. Tapi kalau boleh jujur, sebenarnya kami juga sudah mulai memikirkan Piala Dunia.

 

Berbicara Peluang Argentina

FIFA: Argentina adalah salah satu tim yang menjadi favorit dalam Piala Dunia nanti. Mereka dalam form yang bagus, diperkuat para pemain muda namun berpengalaman. Apakah kamu setuju dengan hal itu? Apakah kalian di timnas juga pernah membicarakannya?

Messi: Benar… Kami memang dalam form yang bagus saat ini. Kami sebenarnya tidak tampil bagus sampai kami bisa menang di kandang Kolombia. Tapi setelah itu kami tampil luar biasa.

Itu adalah titik balik yang hebat. Tim kami diperkuat para pemain hebat dan kami sangat akrab. Bisa jadi tahun ini akan menjadi milik kami. Namun ketika Piala DUnia dimulai, semuanya bisa terjadi – kompetisi itu sangat sulit. Tapi kami memang berada dalam tren yang bagus.

 

Keistimewaan Melawan Brasil

FIFA: Mari bicara tentang Brasil – kamu selalu tampil bagus melawan Brasil. Kami sudah mencetak banyak gol melawan A Selecao dalam berbagai pertemuan. Apakah ada pertandingan melawan Brasil yang paling istimewa bagimu?

Messi: Ya tentu. Saya masih ingat betul pertandingan Piala Dunia U-20 di Belanda pada 2005. Kami mengalahkan Brasil 2-1 di semifinal.

Pertandingan itu bermakna besar bagi saya yang cukup beruntung bisa mencetak satu gol. Selain itu kami juga sukses melaju ke final. Kompetisi itu juga merupakan salah satu trofi pertama yang saya dapat. Itu adalah kenangan yang indah.

 

Yang unik dari Piala Dunia

FIFA: Apa yang membuat Piala Dunia begitu spesial dan unik?

Messi: Pertandingan Piala Dunia sangat berbeda dari pertandingan-pertandingan lain. Mulai dari awal, atmosfer yang ada dan suasananya membuatnya berbeda dari semua kompetisi lainnya. Liga Champions mungkin memang hebat, tapi Piala Dunia spesial.

 

Fase Grup Piala Dunia

FIFA: Apa pandanganmu soal Grup F Piala Dunia? Argentina akan menghadapi Bosnia-Herzegovina, Iran dan Nigeria di sana.

Messi: Ada banyak orang yang mengatakan bahwa grup itu akan mudah bagi kami. Mereka mengatakan bahwa Argentina akan lolos dengan mudah. Tapi di Piala Dunia tak pernah ada pertandingan mudah.

Para kontestan berada di sana karena mereka memang layak berada di sana. Tak ada laga yang bisa dipastikan di Piala Dunia.

 

Messi akan menjadi…

FIFA: Pertanyaan terakhir kami. Tolong lengkapi kalimat ini: Pada 2014, Messi akan menjadi…

Messi: Saya tidak tahu. (Messi tertawa). Mari berharap saja tahun ini akan menjadi tahun yang hebat bagi Barcelona dan Argentina. Bukan cuma buat Messi, tetapi bagi semua pemainnya.