Petinggi Valencia Buka Alasan Kegagalan Gary Neville

  • Salah satu petinggi Valencia CF Chan Lay Hoon yakin jika kegagalan Gary Neville kala mengarsiteki Los Che adalah faktor bahasa.

Salah satu petinggi Valencia CF Chan Lay Hoon yakin jika kegagalan Gary Neville kala mengarsiteki Los Che adalah faktor bahasa.

Dibawah kendali Neville, Valencia sempat masuk zona degradasi serta tersingkir di Copa del Rey dan Liga Europa.

Namun setelah 28 laga, petualangan Neville akhirnya usai di Valencia.

“Tugas ini adalah pengalaman yang luar biasa, dengan tantangan yang menggoda, tapi banyak hal tidak berjalan dengan baik di Valencia pada musim ini,” ujar wanita asal Singapura ini.

“Tidak mudah menjadi seorang Asia untuk memegang kendali sebuah klub sepak bola di luar negeri karena adanya perbedaan kultur.”

“Jika melihat kembali ke masa kepelatihan Neville, ada masalah komunikasi yang terlalu diremehkan,” ujar presiden Los Che ini,┬áseperti dikutip dari harian Singapura Today.

“Saya pikir masalah besar Neville adalah adanya halangan dalam bahasa karena dia ingin segalanya diterjemahkan oleh penterjemah. Namun di Spanyol, anda harus memberikan emosi pada ucapan anda dan seringnya hal ini hilang jika diterjemahkan.”

Bagi Chan, perbedaan perlakuan dari suporter membuatnya terkejut, berbeda dengan apa yang ia alami di negara Marlion.

“Para suporter sangat mendukung kala saya bersua mereka di jalanan dan di luar stadion. Namun kala di stadion, reaksi mereka berbeda.”

“Budaya sepak bola di Spanyol berbeda dengan di Singapura. Meski kita sama-sama menyukai sepak bola, namun di Singapura olahraga tersebut tidak menjadi bagian dari kehidupan. Di Spanyol, sepak bola adalah hidup mereka.”