Real Madrid: Inilah alasan perpanjang kontrak Mourinho

10

Akhir pekan kemarin Jose Mourinho, pelatih asal Portugal baru saja diganjar kontrak kepelatihan selama 4 tahun. Dengan kata lain sampai dengan tahun 2016 kita masih akan menyaksikan The Special One mendampingi Sergio Ramos dkk dari pinggir lapangan. Kontrak jangka panjang memang bukan barang baru untuk Real Madrid. Tapi manajemen klub akhir-akhir ini biasanya tidak suka […]

Akhir pekan kemarin Jose Mourinho, pelatih asal Portugal baru saja diganjar kontrak kepelatihan selama 4 tahun. Dengan kata lain sampai dengan tahun 2016 kita masih akan menyaksikan The Special One mendampingi Sergio Ramos dkk dari pinggir lapangan.

Kontrak jangka panjang memang bukan barang baru untuk Real Madrid. Tapi manajemen klub akhir-akhir ini biasanya tidak suka dengan kontrak jangka panjang. Kalau sampai mereka harus memecat maka biasanya ada duit kompensasi dalam jumlah besar yang harus dikirimkan ke si pelatih yang disingkirkan itu.

Apalagi Madrid baru saja kalah vs Bayern Munich di semifinal Champions tahun ini. Jadi kenapa Real Madrid sampai berani memberi kontak 4 tahun? Ini dia alasannya.

Jose Mourinho sejauh ini adalah pelatih pertama yang bisa memberikan persentase kemenangan tertinggi dalam sejarah klub, yakni 76,92%, hasil dari 90 kemenangan dalam 117 laga yang dijalani bersama Mourinho sejak 2010 sampai sekarang. Laga yang dimaksud termasuk di La Liga dan semua laga lain di level Eropa, termasuk Champions. Tidak pernah ada pelatih dalam sejarah klub yang bisa memberikan stastistik sebagus yang dilakukan Mourinho. Itu di luar prestasi membawa klub menjadi juara La Liga setelah selama bertahun-tahun dipermalukan si pemberontak asal Catalonia, Barcelona.

Pelatih lain yang bisa mendekati prestasi Mourinho adalah Manuel Pellegrini asal Cile yang cuma berkarir setahun, Juni 2009 sampai Mei 2010. Persentase kemenangannya adalah 75%, hasil 36 kemenangan dari 48 laga.

Sekarang tinggal trofi saja yang musti banyak-banyak dipersembahkan sang pelatih kepada manajemen kalau tidak mau dipecat. Sebab Madrid punya pelatih sukses Miguel Muñoz di era 1960 sampai 1974 yang memberi 9 gelar juara liga, 2 piala Copa del Rey, 2 piala European Cup (cikal bakal Champions), dan 1 piala Intercontinental Cup selama 14 tahun berkarir.

Kalau cuma juara La Liga tahun depan saja manajemen pasti tidak puas. Mereka menginginkan Champions. Kalau tidak, siap-siap saja Mourinho dipecat!