Ronaldinho: Saya Membantu Ubah Barcelona

  • Berita Bola, Liga Spanyol – Ronaldinho mengaku momen paling membanggakan dirinya adalah ketika membantu Barcelona berubah dari sisi permainan.

Berita Bola, Liga Spanyol – Ronaldinho mengaku momen paling membanggakan dirinya adalah ketika membantu Barcelona berubah dari sisi permainan.

Mantan pemain tim nasional Brasil, Ronaldinho menyebut Lionel Messi sebagai penerus dirinya di Barcelona. Dinho, begitu ia biasa disapa, bergabung dengan klub asal Katalunya itu dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2003.

Awalnya Joan Laporta, presiden Barca terpilih kala itu, tidak menghendaki Dinho. Namun Sandro Rosell yang menjadi salah satu rekannya menyarankan membeli pemain mudah senyum itu karena disponsori oleh Nike, perusahaan dimana ia bekerja saat itu.

Terbukti kedatangan Ronaldinho membantu Barca untuk bangkit dengan meraih titel Liga Spanyol, Liga Champions serta Ballon d’Or untuknya selama lima tahun bermain di Camp Nou. Bagi Ronaldinho, periode di Barcelona tersebut merupakan momen yang paling membanggakan baginya.

“Apa yang paling anda banggakan adalah ketika membantu Barcelona mengubah sepak bola melalui permainan yang anda peragakan,” tulisnya pada sebuah surat yang ditujukan kepada dirinya yang masih berusia delapan tahun.

“Ketika anda tiba di Camp Nou, Real Madrid akan menjadi kekuatan di dunia sepak bola Spanyol. Ketika anda pergi, anak-anak akan bermimpi bermain ‘Cara Barcelona’. Anda berperan dalam soal ini akan besar dibandingkan peran anda di atas lapangan.”

Surat tersebut pun kemudian menceritakan soal Lionel Messi yang melakukan debut di Azulgrana dimana ia membantu memberikan umpan untuk gol pertama pemain asal Argentina tersebut.

“Anda akan mendengar soal anak ini di tim junior. Dia memakai nomor punggung 10 seperti dirimu. Dia kecil seperti anda. Dia bermain sepak bola seperti anda.”

“Anda dan rekan-rekan akan menonton dia bermain di tim junior Barcelona, dan saat itu anda akan sadar bahwa ia akan menjadi pesepakbola luar biasa. Anak ini berbeda. Nama anak itu Leo Messi.”

“Anda akan berkata kepada pelatih untuk membawa dia bermain dengan anda di tim senior. Ketika dia tiba di ruang ganti, para pemain senior Barcelona akan berbicara dia seperti para pemain Brazil berkata soal anda.”

“Saya ingin memberikan anda satu nasihat. Katakan kepadanya: ‘Bermain dengan riang. Bermain bebas. Hanya pikirkan bola’. Meskipun anda telah pergi, permainan sepak bola gaya bebas akan terus ada di Barcelona melalui Messi,” tutupnya.