Sang Pahlawan, Raja Kartu Merah

8

Siapakah Sergio Ramos, pahlawan kemenangan Real Madrid di final Champions dinihari tadi? Dalam sejarah La Liga, Ramos tercatat sebagai pemain dengan perolehan kartu merah kedua tertinggi. Setidaknya ia sampai dengan hari ini sudah memperoleh 19 kartu merah sepanjang 9 tahun karirnya (sejak tahun 2005) di kompetisi paling elit di muka bumi ini. Kartu merah terakhirnya diperoleh saat laga […]

Sang Pahlawan, Raja Kartu Merah - berita Liga Champions Liga Spanyol

Siapakah Sergio Ramos, pahlawan kemenangan Real Madrid di final Champions dinihari tadi?

Dalam sejarah La Liga, Ramos tercatat sebagai pemain dengan perolehan kartu merah kedua tertinggi. Setidaknya ia sampai dengan hari ini sudah memperoleh 19 kartu merah sepanjang 9 tahun karirnya (sejak tahun 2005) di kompetisi paling elit di muka bumi ini.

Kartu merah terakhirnya diperoleh saat laga El Clasico vs Barcelona bulan Maret 2014 lalu, ketika ia menjatuhkan Neymar di menit ke-63.

Memang pemain berusia 28 tahun ini bukanlah orang paling kasar dalam sejarah La Liga. Yang terburuk adalah Pablo Alfaro (Real Zaragoza, Racing Santander and Sevilla) dengan 27 kartu merah selama bermain di La Liga!

Sergio Ramos menyamakan kedudukan 1-1 saat laga final Champions vs Atletico Madrid memasuki menit 90+3. Terang saja gol menit terakhir itu meruntuhkan moral Atleti, dan mereka mencetak 3 gol tambahan di babak perpanjangan waktu. Total 4-1 untuk gelar Champions ke-10 dalam sejarah Los Blancos.

Real Madrid adalah klub dengan perolehan Piala Champions tertinggi, 10 kali, atau La Decima.

Kelahiran 30 Maret 1986, Sergio Ramos main untuk Madrid sejak tahun 2005 setelah ditransfer dari Sevilla. Kala itu ia masih berusia 19 tahun. Nilai transfer yang musti dibayarkan Real Madrid ke Sevilla mencapai 27 juta US Dollar, kini setara Rp 310 milyar, tertinggi kala itu untuk transfer seorang pemain berusia di bawah 20 tahun.

Di musim pertamanya bersama El Real ia sudah mengantongi 4 kartu merah! Yakni berturut-turut di laga-laga berikut:

  • Espanyol 1-0 Real Madrid, La Liga, 18 September 2005, akumulasi 2 kartu kuning di menit 61 dan 87.
  • Real Madrid 2-1 Olympiakos, Liga Champions, 29 September 2005, akibat berkelahi dengan pemain cadangan Olympiakos, Giannakis Okkas, di menit 91.
  • Real Sociedad 2-2 Real Madrid, La Liga, 27 November 2005
  • Real Madrid 3-3 Villarreal, La Liga, 7 May 2006, karena menyentuh bola di kotak penalti.

Sampai dengan hari ini ia sudah bermain untuk klub kaos putih sekurangnya sebanyak 287 kali, dengan 36 gol, termasuk yang diceploskannya dinihari WIB tadi, yang menghancurkan mimpi Diego Costa dan kawan-kawan. Jumlah kartu merah yang sudah diperolehnya adalah 19 kali.

Jelas sudah, dia juga akan menjadi pahlawan untuk Spanyol pada laga Piala Dunia di Brasil nanti. Bermain untuk timnas sejak berusia 19 tahun, Ramos sudah membela negerinya sebanyak 115 kali dengan 9 gol.