Tak sulit matikan Henry

3

Hampir semua pemain belakang merasakan sulitnya menjaga striker licin, Thierry Henry. Tetapi tidak demikian dengan bek Villarreal, Pascal Cygan. Ia sudah tahu cara mematikan pemain asal Perancis tersebut. Kekuatan dan kelemahan Henry sudah dipahami betul oleh Cygan ketika mereka sama-sama memperkuat Arsenal selama empat musim beberapa tahun lalu. Itu sebabnya, Cygan sedikit pun tak khawatir […]

Hampir semua pemain belakang merasakan sulitnya menjaga striker licin, Thierry Henry. Tetapi tidak demikian dengan bek Villarreal, Pascal Cygan. Ia sudah tahu cara mematikan pemain asal Perancis tersebut.

Kekuatan dan kelemahan Henry sudah dipahami betul oleh Cygan ketika mereka sama-sama memperkuat Arsenal selama empat musim beberapa tahun lalu. Itu sebabnya, Cygan sedikit pun tak khawatir menghadapi ancaman Henry saat Villarreal bertemu Barcelona di ajang Piala Raja, Kamis (24/1) malam ini.

“Henry pemain luar biasa, dan dengan kualitas yang ia miliki, ia bisa menghindari setiap situasi sulit. Tetapi jika Anda bisa membaca pergerakan tubuhnya, dan tidak memberi dia celah untuk bergerak, maka itu akan menjadi masalah bagi dia,” ungkap Cygan.

“Anda perlu memperhitungkan ruang di depan dia. Untuk membatasi gerakannya, anda harus bisa memotong bola dimana dia akan bergerak ke sana,” jelasnya.

Namun, kata Cygan, jika Henry sedang menguasai bola, perlu dua pemain untuk menutupi pergerakannya. “Anda tidak bisa mengalahkannya sendiri, karena pergerakan kaki Henry jauh lebih cepat dibanding kaki Anda,” katanya.
***