Tebaklah, Mana Basis Massa Terbesar Barcelona?

7

Barcelona pada bulan Januari 2014 lalu merupakan klub bola pertama di dunia yang mencapai angka 50 juta Likes di fanpage Facebooknya. Kini per bulan Mei 2014 angka Likes sudah melebihi 65,5 juta. Tebaklah, di mana basis massa terbesar dari klub Catalan ini? Menurut data Januari, dari 50 juta itu, sebanyak 4,73 juta di antaranya berasal […]

Tebaklah, Mana Basis Massa Terbesar Barcelona? - berita Liga Spanyol

Barcelona pada bulan Januari 2014 lalu merupakan klub bola pertama di dunia yang mencapai angka 50 juta Likes di fanpage Facebooknya. Kini per bulan Mei 2014 angka Likes sudah melebihi 65,5 juta.

Tebaklah, di mana basis massa terbesar dari klub Catalan ini?

Menurut data Januari, dari 50 juta itu, sebanyak 4,73 juta di antaranya berasal dari Indonesia! Jika diasumsikan pertambahan fans Indonesia juga sama besarnya, 30%, maka angka fans dari Indonesia juga seharusnya membesar di sekitar 6,1 juta-an!

Di urutan berikutnya setelah Indonesia adalah berturut-turut:

  • Meksiko (3.5 juta)
  • Brasil (2.5 juta),
  • Amerika Serikat (2.1 juta)
  • Turki (1.75 juta)

Jika dipecah per kota maka urutannya adalah sbb:

  • Cairo (Mesir) 746.000,
  • Mexico City, Meksiko (666.000)
  • Jakarta, Indonesia (623.000)
  • Lima, Peru (481.000)
  • Bogota, Kolombia (420.000)

Bagus. Ini berarti Indonesia bukan hanya Jakarta saja. Terima kasih untuk operator telepon seluler yang menyediakan infrastruktur, internet kini bisa dijangkau dari berbagai kota lain. Menurut data gilabola.com, kota-kota besar lain yang juga memiliki massa besar adalah Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Denpasar, Makassar, dan Solo.

Indonesia karena faktor penduduknya yang mencapai 253,6 juta jiwa, sejak lama menyumbang basis massa yang besar bagi klub-klub Eropa. Beberapa bahkan sudah melakukan tur ke Indonesia, seperti Liverpool, Arsenal, dan Manchester United. Cek juga daftar klub dengan basis penggemar Facebook terbesar di dunia.

Di masa depan, basis massa Indonesia akan terus membesar. Bagi klub adalah kesempatan menjual lebih banyak merchandise. Bagi pedagang dan produsen kaos KW di sini, kesempatan menjual kaos tiruan.

Empat figur terpopuler dari klub ini adalah Lionel Messi, Gerard Pique, Andres Iniesta, dan Neymar.