Ternyata Era Kejayaan Barcelona Sudah Berakhir

Sebagai salah satu raksasa Spanyol, kehadiran Barcelona memang sering membuat pemain lawan ketakutan setengah mati sampai terbawa mimpi seram. Namun kini ternyata era kejayaan Barca tersebut sudah berakhir.

Liga Spanyol  - Ternyata Era Kejayaan Barcelona Sudah Berakhir

Sebagai salah satu raksasa Spanyol, kehadiran Barcelona memang sering membuat pemain lawan ketakutan setengah mati sampai terbawa mimpi seram. Namun kini ternyata era kejayaan Barca tersebut sudah berakhir.

Ya, era kejayaan Barcelona sudah berakhir. Dua punggawa klub Catalan, Sergio Busquets dan Pedro Rodriguez menyatakan, saat ini sudah susah untuk mengulangi masa-masa keemasan tersebut.

Bersama Pep Guardiola, Barcelona sempat menjadi raksasa Eropa yang sangat menakutkan. Tak main-main, mereka merebut 14 gelar dalam empat musim. Termasuk di antaranya dua gelar Liga Champions dan tiga trofi Liga Spanyol secara beruntun. Namun sejak 2012, terjadi pergeseran.

Barca cuma berhasil menjuarai dua gelar dalam dua tahun terakhir. Musim ini mereka juga harus berjuang ekstra keras menahan laju gempuran Real Madrid yang kian mengkilap.

“Kita tidak akan melihat kembali era terbaik Barcelona dan timnas Spanyol,” ujar Sergio Busquet.

Pedro Rodriguez juga mengungkapkan ada perbedaan besar antara Barcelona di era keemasan dengan Barca yang sekarang dibangun kembali oleh Luis Enrique.

“Susah (kembali ke era keemasan) karena enam tahun lalu demikian istimewa, ada banyak pemain hebat. Seperti yang dikatakan Sergio, sulit untuk mengulang hari-hari keemasan ketika kami mendapatkan banyak gelar.”

“Bahkan meski Barcelona dan Spanyol memiliki kualitas yang cukup dalam skuad yang sekarang, hal itu berat. Namun kami berusaha untuk mencapai prestasi. Inilah yang kami kerjakan sekarang,” tambah Pedro.

Setelah Pep Guardiola hengkang, Barcelona memang sempat mendapatkan satu gelar Liga Spanyol bersama Tito Vilanova. Bahkan ketika itu dengan memecahkan rekor 100 poin. Namun, musim lalu bersama Tata Martino, Barca cuma menjadi runner-up. Dan kini, mereka tertinggal dua angka dari Real Madrid sang pemuncak pucuk persaingan.