Pep Guardiola Bisa Besar Di Barcelona Berkat Johan Cruyff

Alhamarhum Johan Cruyff mengungkapkan jika Josep Guardiola beberapa kali akan dijual oleh FC Barcelona ketika masih aktif bermain. Sebelum tutup […]

Alhamarhum Johan Cruyff mengungkapkan jika Josep Guardiola beberapa kali akan dijual oleh FC Barcelona ketika masih aktif bermain.

pep guardiola barcelona

Sebelum tutup usia, mantan pelatih dan pemain FC Barcelona Johan Cruyff mengungkapkan bahwa Josep Guardiola tidak dibutuhkan oleh Barcelona dan sempat akan dilepas.

Dalam buku yang akan dirilis pada 6 Oktober nanti yang ditulis oleh Cruyff bersama seorang jurnalis dari The Times mengungkapkan rahasia yang tidak banyak diketahui oleh publik.

Menurut eks pesepakbola yang terkenal ekstentrik itu, Blaugrana pernah tidak melirik Guardiola sebelum akhirnya ia turun tangan.

Terbukti di kemudian hari jika Guardiola menjadi sosok vital dalam kesuksesan klub, baik ketika sebagai pemain atau pelatih.

“Barca ingin menjual dia. Mereka menganggap dia terlalu kurus, buruk dalam pertahanan dan kurang baik dalam duel di udara,” tulis Cruyff.

“Yang tidak dilihat kebanyakan orang adalah dia mempunyai kualitas dasar untuk berkembang lebih hebat lagi; seorang pesepakbola dengan otak, kecepatan dalam pengambilan keputusan dan teknik.”

“Jika saya tidak berada di Barcelona, Guardiola mungkin akan dijual ke klub divisi dua,” tambah Cruyff.

Melihat kesuksesan Guardiola di Azulgrana, Bayern Munich dan sekarang di Manchester City, Cruyff menilai pemain kesayanganya tersebut sudah memiliki bakat sebagai pelatih sejak aktif bermain dahulu.

“Dia ingin bos (pelatih). Seseorang yang bisa membuat keputusan dan mau menerima konsekuensinya.”

Pada 2012 silam, Guardiola memutuskan hengkang dari Barcelona dengan alasan sudah tidak kuat dengan tekanan dan ekspektasi untuk selalu menang di Barca.

Namun kala itu Cruyff menilai jika Guardiola sengaja disingkirkan oleh Sandro Rosell yang tidak ingin ada pihak-pihak yang dekat dengan dirinya dan juga Joan Laporta.

Sudah menjadi rahasia umum, jika Cruyff sangat melindungi Guardiola, terutama ketika Pep dirundung kritikan di musim pertamanya di Barcelona.

Sepakbola.cc